Crossover Listrik Nissan Ariya Tuntaskan Perjalanan Lintas Kutub, Siap Mengaspal di Indonesia

0
Foto: Nissan
- Advertisement -

NMAA News Flash – Suami-istri penjelajah asal Inggris, Chris dan Julie Ramsey sukses menuntaskan perjalanan panjang mengendarai Nissan Ariya dalam program ekspedisi Pole to Pole melintasi Kutub Utara dan Selatan pada 15 Desember lalu.

Perjalanan dengan jarak 17.000 mil atau 27.000 Km ini rampung diselesaikan dalam kurun waktu 4 tahun. Selain mendapat pengalaman menjelajah, kedua suami-istri tersebut juga sekaligus mengenalkan ketangguhan baterai dan powertrain listrik crossover Nissan Ariya.

Terutama di segala kondisi medan bersalju, pegunungan, hingga bukit pasir.

Untuk mendukung kemampuan jelajah di segala medan, Nissan Ariya mendapat peningkatan pada sejumlah sektor penting oleh spesialis off-road Arctic Trucks.

Foto: Nissan

Paling terlihat, sektor kaki-kaki dibekali ban besar ukuran 39 inci yang juga berperan meningkatkan jarak antara kolong mobil dan permukaan jalan.

Perombakan detail ditempuh melalui overfender baru, suspensi, dan sejumlah aksesori penunjang perjalanan jarak jauh.

Namun uniknya, baterai, motor listrik, dan sistem penggerak semua roda 4ORCE tidak mengalami ubahan sama sekali.

Foto: Nissan

Sedangkan untuk mengisi daya baterai, ekspedisi Pole to Pole atau kutub ke kutub rupanya dibekali unit energi terbarukan sebagai pengisi daya baterai lewat turbin angin dan panel surya.

Sebagai informasi, Nissan Ariya menghadirkan dua pilihan sistem penggerak, yaitu 2WD dan AWD dengan kapasitas baterai 65 kWh dan 90 kWh.

Bedanya, versi AWD sanggup memompa tenaga hingga 388 HP dan torsi puncak 600 Nm, sementara versi 2WD mampu menghasilkan output tenaga 238 HP dan torsi 300 Nm.

Foto: Nissan

Dalam kondisi baterai penuh, jarak tempuhnya diklaim mencapai 600 km. Sedangkan akselerasi dari diam hingga 100 kpj untuk Nissan Ariya versi AWD dapat dituntaskan dalam waktu 5,1 detik.

Masuk ke Indonesia

Kabar peluncuran Nissan Ariya di Indonesia makin santer terdengar.

Unit Crossover SUV berdaya listrik ini disebutkan akan melengkapi portofolio produk kendaraan listrik Nissan yang dijual di Indonesia selain Nissan LEAF dan Kicks.

Meski informasi ini belum diketahui lebih detail. Bisa dipastikan saat ini Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) sedang mempersiapkan Ariya pada 2024 mendatang.

- Advertisement -