VW Golf R 2024 Pamer Livery Spesial 50 Tahun, Segera Meluncur Awal Musim Panas

0
Foto: Volkswagen
- Advertisement -

NMAA News Flash – Tidak terasa, Volkswagen (VW) Golf sudah menginjak usia 50 tahun menghiasi pasar kendaraan di dunia.

Menyambut hari jadinya, VW tengah segera merilis Golf R 2024 sebagai hot hatchback terbaru di gelaran Zell am See ice race di Austria.

VW Golf R akan hadir dalam edisi spesial ’50 years of Golf’ yang menandai versi bensin terakhir hatchback performa sebelum pabrikan beralih ke lini produk mobil listrik jelang 2030 mendatang.

Foto: Volkswagen

Masih berbalut jubah kamuflase, VW Golf R sudah menempuh pengujian di atas permukaan es bersama versi lain di antaranya GTI, GTE, dan versi eHybrid.

Peran penting pebalap berkebangsaan Jerman, Hans-Joachim Stuck berkontribusi dalam pengembangan VW Golf R.

Dia lebih dulu eksis sebagai peraih juara Le Mans dua kali, mantan pembalap Formula 1 dan juara mobil touring Jerman, Hans-Joachim Stuck

“Perlombaan di medan es adalah suatu kesenangan untuk dilihat. Pembalap lain akan memasang rantai salju dalam kondisi seperti ini, tapi bagi kami para pembalap, inilah saatnya kesenangan benar-benar dimulai,” ulas Hans-Joachim Stuck melalui rilis resmi Volkswagen.

Foto: Volkswagen

Kepala divisi Volkswagen R Reinhold Ivan mengatakan, trim R merupakan hatchback premium Volkswagen yang dikembangkan secara khusus selama lebih dari 20 tahun.

Pengujian di atas medan salju merupakan bukti ketangguhan VW Golf R pada medan ekstrem.

“Di sini, di Ice Race, masa lalu bertemu masa depan. Kami tidak sabar menantikan Golf R, yang masih tersembunyi, untuk merayakan debutnya pada musim panas ini,” ujarnya kepada Autocar.

Foto: Volkswagen

Tembus Penjualan Fantastis

Menurut data perusahaan, sepanjang 2023 Volkswagen R sukses mencatatkan penjualan lebih dari 35.000 unit kendaraan. Capaian ini menambah jumlah kendaraan secara total hingga 300.000 unit terhitung sejak tahun 2002 lalu.

Pada versi 2024, VW Golf R tergolong masih memiliki paras serupa dengan model tahun sebelumnya. Hanya saja, model terbaru ini mendapat emblem Volkswagen berhias LED, lampu utama LED matriks dan desain velg baru.

Perbedaan mendasarnya terletak pada fitur hiburan di ruang kabin, pelapis jok, dan tombol fungsi.

Sedangkan jantung pacunya, masih mempertahankan mesin 2.0-liter empat silinder tetapi tenaga mesin kian melejit di atas 311 hp.

- Advertisement -