Dukung Udara Bersih, Planet Ban Gelar Servis Gratis untuk 5.000 Motor Karyawannya

0
- Advertisement -

NMAA News – Mendorong edukasi sekaligus akselerasi inisiatif ramah lingkungan di industri otomotif, Planet Ban menggelar bagi karyawan Planet Ban se-Indonesia guna pastikan emisi gas buang motor seluruh karyawan Planet Ban sesuai ketentuan ditetapkan. Lebih dari 5.000 motor karyawan diservis Rasa Mesin Baru pada kegiatan Service Day ini.

Berdasarkan data per 29 Februari 2024 dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, lebih dari 137 ribu unit kendaraan roda dua telah diuji kadar emisinya. Kendati angka ini sebagian kecil dari jumlah motor terdata. Dalam skala nasional, jumlah motor capai 134 juta unit.

Untuk menekan semakin banyak emisi gas buang motor, layanan servis ‘Rasa Mesin Baru’ dari Planet Ban telah hadir di lebih dari 1.000 outlet di seluruh Indonesia untuk mengembalikan performa mesin menjadi seperti baru.

Chief Operating Officer Planet Ban, Deden Hendra Shakti menjelaskan, sebagai partner strategis industri otomotif, karyawan Planet Ban perlu selalu jadi yang terdepan dalam mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya dampak emisi gas buang kendaraan bagi kelestarian lingkungan.

“Kami percaya pengurangan emisi gas buang kendaraan harus dimulai dulu dari kesadaran masyarakat merawat kendaraan pribadinya masing-masing secara rutin. Service Day ini hadir sebagai komitmen perusahaan tingkatkan mobilitas ramah lingkungan yang dimulai dari diri sendiri,” jelas Deden.

Dengan meremajakan kondisi kendaraan karyawan lewat layanan servis Rasa Mesin Baru, menurut Deden, pihaknya berharap tingkatkan awareness masyarakat soal pentingnya mengurangi tingkat polusi di lingkungan dengan ditekannya tingkat emisi gas buang kendaraan pribadi.

Hasil penelitian tim internal Planet Ban mengungkapkan, servis Rasa Mesin Baru terbukti menurunkan rata-rata kadar emisi HC motor hingga 67%. Kadar emisi CO turut berkurang 73%. Selain itu, berdasarkan penelitian sama, rata-rata jarak tempuh motor (km/liter) meningkat 16%.

Sejak inisiatif ‘Rasa Mesin Baru’ diluncurkan Agustus 2023, sudah lebih dari 1.000 motor hingga Desember 2023 melakukan uji emisi di Planet Ban dengan tingkat keberhasilan 100% dalam penurunan emisi gas buangnya.

Planet Ban juga terus memperluas kehadiran inisiatif ini di berbagai wilayah di Indonesia bersama dengan berbagai partner strategis, termasuk dengan karyawan perusahaan dalam kegiatan Service Day.

Upaya pengurangan emisi kendaraan ini merupakan bagian implementasi inisiatif berkelanjutan komitmen Planet Ban menjalankan bisnis ramah lingkungan. Planet Ban telah melaksanakan sejumlah inisiatif penting lain untuk menyokong komitmen zero emission dan zero waste.

Termasuk pengelolaan limbah oli dan ban motor beserta plastik pembungkusnya, penggunaan bahan ramah lingkungan untuk suku cadang motor, serta pengembangan layanan terbaru mendukung ekosistem motor listrik (electric vehicle).

- Advertisement -