Mazda FD3S Wajah Retro, Tonjolkan Mesin Rotary 4 Rotor Bertenaga 1200 HP

0
Foto: Web Option
- Advertisement -

NMAA Proper Modz – Car enthusiast bernama Todd Buddy nggak mau ketinggalan dari animo kembalinya mesin rotary di tengah – tengah skena modifikasi Amerika Serikat.

Bedanya, Buddy menolak hanya bermain di sektor mesin. Tampilan juga mesti lebih sensasional agar menuai sorotan lebih!

Motivasi inilah yang membuat sejumlah proyek modifikasi besutannya berhasil tembus kompetisi sengit, SEMA Battle of The Builder.

Seolah mengalami penuaan, Mazda RX-7 FD3S rela dipotong-potong untuk mengimplan tampang RX-3 asli dari mobil donor yang sudah tersimpan lama.

Disusul beberapa tambahan lain seperti custom hood, headlamp LED, dan spion berbahan serat karbon.

Foto: Web Option

Beralih ke sektor jantung pacu, Buddy mengaku terinspirasi dari mesin balap Mazda 787B di ajang Le Mans.

Tenaga buas mencapai 1.200 HP digodok oleh mesin billet rotary 4-rotor (26B) garapan Billet Rotary Store asal Australia. Ditambah, buah turbocharger merek Garret.

Lonjakan tenaga tentunya memerlukan asupan bahan bakar lebih deras.

Foto: Web Option

Karena itu, Buddy memilih injektor 2600cc untuk menyemburkan bahan bakar E85 sesuai pengontrol takaran ECU Haltech Nexus R5.

Kemudian, gas buang diolah lewat empat exhaust manifold 4-1-2 yang mempertimbangkan juga estetika ruang mesin.

Di sektor transmisi, Buddy membekali transaxle 6 percepatan milik Lamborghini Gallardo sebagai pengantar distribusi tenaga seimbang menuju setup penggerak 4WD.

Untuk cengkraman lebih optimal ke aspal sirkuit, Buddy memilih ban Toyo Proxes R888 yang juga membalut rapi velg Vossen VWS-1 ukuran 19 inci.

Foto: Web Option

Pembekalan lain di sektor roda mewajibkan kinerja kaliper rem 6 pot dengan rotor 381mm di dua roda depan dan 4 pot dengan rotor 362mm di dua roda belakang sebagai penjinak tenaga.

Meningkatkan konstruksi kaki-kaki RX-7, suspensi standar berganti menggunakan milik C7 Corvette dengan coilover TracTive yang menghadirkan juga pengontrol suspensi DCS Sports.

Foto: Web Option

Masuk ke ruang kabin, sensasi berkendara menyenangkan terasa dari hadirnya panel karbon pada cluter meter, konsol tengah, dan trim pintu. Ada juga roll cage, kursi bucket, dan shift selector copotan Lamborghini Gallardo.

- Advertisement -