Ferrari Testarossa Buatan Tuner Jepang, Basisnya dari Keluarga Supra

0
Foto: Web Option
- Advertisement -

NMAA Proper Modz – Ferrari Testarossa mengawali debut perdananya pada 1984 sebagai pengganti 512 BBi.

Kinerja tenaga dari mesin 12 silinder 4,9 liter mid-engine dapat memompa hingga 390 HP untuk disalurkan ke penggerak roda belakang melalui transmisi manual 5 percepatan.

Seolah punya daya tarik tersendiri, Testarossa tidak pernah surut menjadi impian para car enthusiast.

Mungkin 9 dari 10 pemilik Ferrari Testarossa rela merogoh kocek dalam-dalam hanya untuk menyimpan supercar lawas di garasi mereka.

Foto: Web Option

Mengejar keinginan miliki Ferrari Testarossa ternyata tidak selamanya harus mendapat unit asli buatan pabrik Ferrari di Italia.

Buktinya, salah satu bengkel modifikasi di Jepang, Marushin Shokai berhasil menyuguhkan cara alternatif bagi menjawab keinginan banyak pengagum Ferrari.

Hanya bermodal serangkaian part bodi lengkap berbahan FRP, Testarossa DIY bisa diciptakan!

Namun, siapa sangka basis mobilnya berasal dari sportcar lawas Toyota Supra JZA70 alias Supra generasi ketiga (MkIII).

Foto: Web Option

Kepada laman Web Option, Sato selaku punggawa Marushin Shokai menuturkan, paket modifikasi Toyota Supra sekilas bisa menipu mata.

“Komponen ini punya pendekatan tampilan yang sama dengan lebar total 1.980 mm,” singkatnya.

Sebetulnya, bentuk maupun dimensi sasis dan bodi kedua mobil tersebut tidak jauh berbeda.

Mobil donornya mengikuti penyesuaian ulang untuk menyenadakan siluet bodi Ferrari Testarossa.

Foto: Web Option

Tiap fender Toyota Supra sudah disematkan over fender yang menambah lebar di samping kanan-kiri, side skirts, dan bumper. Lalu panel pintu juga menyetarakan ketebalan dari fender.

Dalam proses ini, Sato tetap memperhatikan garis – garis lekukan Toyota Supra supaya tidak berdampak saat membuka pintu.

Di bagian kap belakang tidak ada ubahan sama sekali. Hanya saja mendapat tambahan panel berbahan FRP pada frame kaca belakang.

Foto: Web Option

Menariknya, Sato menambah remake logo Ferrari dengan tambahan nomor seri yang menandakan data otentik pemilik body kit Toyota Supra-Rossa.

Mirip seperti sertifikat, emblem saduran Ferrari dapat mendeteksi data pemilik body kit dan memudahkan saat purna jual.

Foto: Web Option

Di sektor buritan belakang, terdapat cover headlamp dan spoiler minimalis yang masih termasuk dalam keseluruhan paket dan juga tutup tangki bensin.

Supaya selaras dengan bodi gambotnya, setup roda kini mengandalkan velg Work Meister S1 dengan offset -50.

Untuk memudahkan saat menyetel fitment, sumbu roda mendapat tambahan spacer 70 mm.

Suspensi standar Toyota Supra juga sudah beralih menggunakan airsus (suspensi udara) yang bisa mengatur postur bodi sesuai kebutuhan.

Bagi mereka penggemar Ferrari Testarossa tetapi sulit menemukan kondisi yang ideal.

Paket modifikasi ini bisa jadi alternatif dengan banderol harga mencapai 750.000 yen atau setara Rp Rp 84,2 juta.

Konsumen bisa menambah aksesori lain seperti kap mesin dan cover spion secara terpisah.

- Advertisement -