Setelah Dipakai Mudik Lebaran, Periksa Dulu Bagian Mobil Penting Berikut Ini

0
Foto: harrisgrave photo
- Advertisement -

NMAA News – Libur Lebaran menggunakan mobil pribadi masih dipilih sejumlah keluarga. Selain dapat menikmati perjalanan, juga lebih fleksibel saat bermobilitas.⁣

Setelah kembali dari liburan, baiknya periksa sejumlah komponen berikut yang kerap bermasalah. Agar mobil nyaman digunakan setelah menempuh jarak jauh.⁣

Berikut komponen mobil yang mesti diperiksa usai dipakai mudik.

Oli (mesin, gardan, transmisi)

Foto: toyota of newman
Bagian penting lainnya adalah mengecek oli dan transmisi. Coba periksa apakah keduanya masih layak dipakai. Oli gardan dan oli transmisi harus diganti apabila mobil sudah menempuh jarak lebih dari 20 ribu kilometer.

Ban Mobil

Foto: getty images
Setelah menempuh perjalanan jauh, jangan lupa memeriksa kondisi ban. Apakah masih layak pakai, serta jangan sampai terlupa untuk mengecek tekanan angin mobil kesayangan.
Ada beberapa kiat merawat ban saat terparkir dalam jangka waktu yang cukup lama, dari mulai memeriksa tekanan angin ban, lalu tambahkan tekanan angin 10-20% dari spesifikasi tekanan angin ban. Kalau kendaraan akan digunakan kembali, ubah tekanan angin sesuai spesifikasi.
Pastikan tidak ada benda keras/kerikil yang menempel pada kembang ban. Terakhir, usahakan jangan terkena sinar matahari langsung dan gunakan semir ban untuk mencegah adanya guratan pada ban (ozon crack).
Rem
Foto: bestproduct

Jangan pernah mengabaikan pengecekan rem sehabis menempuh perjalanan jauh. Lakukan pengecekan ketebalan kampas serta minyak rem, lihat juga apakah ada ciri-ciri kebocoran atau tidak. Jangan karena lupa melakukan pemeriksaan, rem mobil tidak bisa difungsikan saat dikendarai.

Pastikan keempat roda/sistem rem kering sebelum kendaraan diparkir, gunakan penahan roda/bantalan ban. Terlebih pastikan kondisi rem tangan juga dalam kondisi normal.

Radiator
Foto: Freepik

Mengecek radiator merupakan hal paling mendasar ketika usai melakukan perjalanan yang jauh. Coba periksa apakah air radiator masih cukup banyak, sesuai standar atau tidak.

Selain itu ada baiknya jika mobil yang digunakan sudah berumur untuk menguras air radiator yang ada.

Seperti yang diketahui, radiator merupakan salah satu komponen mobil yang berfungsi untuk memindahkan energi panas dari medium yang satu ke medium lainnya

Accu/Aki Mobil
Foto: Pixabay
Komponen lain yang juga tidak kalah penting untuk diperiksa adalah aki. Apabila aki yang digunakan adalah aki basah, coba cek kondisi rumah aki apakah kekurangan air atau tidak. Bukan cuma itu, periksa juga bagian terminal dan kualitas air aki.
Biasanya aki yang dalam kondisi baik memiliki angka 12 sampai 13 Volt jika dites menggunakan voltmeter saat mesin dalam kondisi mati.
- Advertisement -