Datsun 1600 SR20DET: Ketika Roadster Klasik Jepang Bertransformasi Jadi “Japanese Cobra”

0
Datsun 1600 Roadster tahun 1967 ganti mesin SR20DET dari Nissan Silvia S13
- Advertisement -

NMAA News – Pecinta mobil klasik sekaligus modifikasi bakal dibuat terpukau dengan proyek restomod satu ini: sebuah Datsun 1600 Roadster tahun 1967 diberi nyawa baru berkat transplantasi mesin turbo SR20DET dari Nissan Silvia!

Pada dasarnya, Datsun 1600 generasi kedua memang sudah menjadi tonggak penting dalam sejarah Datsun sebelum era Z-car lahir.

Datsun 1600 Roadster tahun 1967 ganti mesin SR20DET dari Nissan Silvia S13

Roadster mungil ini, awalnya bermesin U20 2.0-liter dengan tenaga sekitar 135 hp, merupakan bukti bagaimana Jepang terinspirasi dari roadster Inggris, tapi menghadirkannya dalam paket yang lebih andal dan siap pakai.

Namun proyek satu ini mengubah segalanya. Mesin U20 orisinal telah digantikan oleh SR20DET, mesin legendaris 2.0-liter turbo dengan teknologi DOHC yang terkenal sebagai jantung Nissan Silvia S13.

Datsun 1600 Roadster tahun 1967 ganti mesin SR20DET dari Nissan Silvia S13

Secara teknis, SR20DET bisa dibilang sebagai “cucu jauh” dari U20, membawa lompatan besar dalam performa dan keandalan.

Tak hanya mesinnya yang diperbarui, mobil ini juga telah dimodernisasi secara menyeluruh seperti intercooler untuk pendinginan turbo yang lebih optimal, lantas sistem pengereman cakram di keempat roda demi keamanan maksimal.

Datsun 1600 Roadster tahun 1967 ganti mesin SR20DET dari Nissan Silvia S13

Serta knalpot custom dengan suara yang garang.

Di bagian kabin, disematkan jok bucket seat aftermarket, termasuk seat belt model racing.

Datsun 1600 Roadster tahun 1967 ganti mesin SR20DET dari Nissan Silvia S13

Bagian roda, dipasangkan velg Superlite 14 inci yang mempertahankan gaya klasik dengan sentuhan sporty.

Semua penyegaran ini membuat Datsun 1600 ini jauh lebih menyenangkan dikendarai daripada hampir 60 tahun lalu saat pertama kali meluncur dari pabrik.

Saat ini, mobil tersebut tengah mencari pemilik baru di Aztec, New Mexico.

Sang penjual mengklaim mobil ini hanya digunakan sejauh 1.600 mil sejak proyek restomod rampung, membuatnya seperti baru keluar dari garasi restorasi.

Datsun 1600 Roadster tahun 1967 ganti mesin SR20DET dari Nissan Silvia S13

Datsun 1600 SR20DET ini bukan sekadar restomod; ia adalah sebuah penghormatan kreatif terhadap sejarah otomotif Jepang, yang kini hadir dengan tenaga, suara, dan performa jauh melampaui zamannya.

Sebuah “Japanese Cobra” sejati yang siap menggebrak jalanan!

Kayaknya di Indonesia, ada juga model seperti ini yang juga dimodifikasi sektor dapur pacunya ya?

- Advertisement -