Punya Spek Kompetisi, Ini Kelebihan GR Yaris Terbaru

Edisi terbaru Toyota GR Yaris mulai dikenalkan di Jepang, kehadiran mobil yang memuat spek kompetisi ini dinanti para car enthusiast. Bahkan, sejauh ini pemesanan online telah mencapai 6000 unit untuk pasar Jepang dan Eropa, seperti pernyataan resmi Toyota beberapa waktu lalu.

GR Yaris

GR Yaris mengaplikasikan teknologi Toyota Gazoo Racing World Rally Team. Pengembangan unit eksklusif Yaris ini menghadirkan kenyamanan berkendara di semua medan. Line up terbaru ini memuat tiga varian, RZ untuk pasar Jepang, RS yang lebih nyaman digunakan di jalanan urban dan varian RC khusus untuk menjajal kompetisi.

Dari tampilan menggunakan material alumunium seperti kap, pintu belakang, dan panel pintu, bagian atas dari GR Yaris dilengkapi dengan panel atap plastik yang diperkuat serat karbon menggunakan metode compound moulding. Pemilihan material tersebut dapat mereduksi bobot kendaraan dan mendukung kinerja aerodinamis. Memberikan kontribusi performa saat sedang berakselerasi maksimal.

GR Yaris 2

Produksi GR Yaris akan dioperasikan melalui jalur produksi khusus yang telah didirikan di Pabrik Motomachi Toyota, GR Factory. Jalur produksi khusus tersebut memiliki rekam jejak yang panjang dan solid dalam pembuatan mobil sport. Dengan mengoptimalkan pengaturan suspensi depan dan belakang, Toyota Gazoo Racing telah memahami karakter yang diinginkan oleh kastemer di seluruh dunia. Terutama dapat melalui berbagai kontur jalan. Riset ini dioptimalkan partisipasinya pada ajang kejuaraan World Rally Championship (WRC).

GR Yaris 3

Untuk memenuhi kebutuhan kastemer Toyota, GR Yaris akan tersedia dalam tiga varian di Jepang. Varian RZ dan RC dibekali kapasitas jantung pacu yang sama. Mesin turbo direct-injection tiga silinder segaris direct-power berkapasitas tinggi, kompak, dan ringan 1,6 liter. Mesin ini dapat menyemburkan tenaga 268 tk dan torsi 370 Nm.

Sistem penggerak roda 4WD sports “GR-Four” yang baru dikembangkan dengan sistem tenaga penggerak depan dan belakang variabel yang diaktifkan oleh kopling multi-pelat. Transmisi manual 6-kecepatan “iMT”, dan velg  aluminium berbalut ban radial Michelin Pilot Sport 4S. Spesifikasi tersebut memberikan stabilitas berkendara, akselerasi, dan peningkatan kecepatan mesin lebih optimal.

Sedangkan Varian RS yang dikhususkan untuk jalanan perkotaan dibekali mesin Dynamic Force tiga silinder segaris 1.500 cc dengan sistem Direct Shift-CVT untuk mencapai kinerja yang kuat dan responsif dari rentang kecepatan rendah ke tinggi. Mampu menyemburkan tenaga sebesar 118 tk dan torsi 145 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke seluruh roda secara 4 wheel drive dilengkapi Sequential Shiftmatic 10-kecepatan.

Related Articles

Stay Connected

21,848FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles