Toyota Celica generasi ketujuh yang rilis pada 2000 hingga 2007 dihadirkan berbeda dari generasi sebelumnya. Transformasi Celica Generasi ketujuh, menghasilkan versi sedan sport liftback alias tiga pintu. Menghasilkan ubahan bodi lebih agresif, terlihat dari tampilan bumper depan, lampu utama, lekukan tegas nan sporty hingga ke bagian buritan.
Meski kiprahnya tidak secerah dua generasi sebelumnya yang berlaga di World Rally Championship (WRC), hingga dijuluki “the most famous Toyota Celica”. Baru-baru ini, Ditangan builder asal Italia @davide458italia, Toyota Celica TA 230 menjalani reinkarnasi untuk kembali mengangkat eksistensinya di jajaran mobil sport bertenaga dahsyat. Tak tangung-tanggung, Dibalik kap bagasi belakang yang tersemat rear windows scoop menyimpan sebuah “harta karun”.
Kini ruang bagasi dijejali mesin V8 berkapasitas 3.6 L Tipo F13 milik Ferrari 360 Modena. Menggantikan mesin 2ZZ-GE bertenaga 189bhp bawaan asli Toyota Celica. Ubahan radikal tersebut juga menunjukan sistem suspensi pushrod internal untuk menopang bodi secara keseluruhan.
Di atas kertas tenaga mesin V8 tersebut mampu mencapai hingga 400 dk pada 9.200 RPM. Tenaga mesin dikawinkan melalui melalui transmisi transaxle manual enam kecepatan khas Ferrari berpenggerak roda belakang (RWD). Hasilnya, suara parau dari mid engine tersebut lebih menyalak dari biasanya.
Sedangkan ruang engine bay dibalik kap mesin bagian depan kini fungsinya berganti. Menjadi tempat radiator optional dan penyalur hawa panas dari belakang, lengkap dengan komponen pendingin mesin. Tak terkecuali suspensi pushrod dan as roda untuk menjaga menopang kedua roda depan.
Bahkan, dari unggahan video tidak dijelaskan secara spesifik ubahannya. Bisa diprediksikan, kalau konsep “Monster Time Attack” dari mobil ini hanya menyisakan sasis bawaan dan bodi asli Toyota Celica T 230 atau generasi ketujuh. Bagian rangkanya didasari dari konstruksi tubular space frame.
Kini bobotnya mencapai 1050 kg, dari bobot bawaan Toyota Celica yang sudah dikembangkan pabrikan sekitar 40 kg lebih berat, tepatnya 1090 kg.
Set-up kaki-kaki tak kalah menarik untuk dilihat. Komposisinya, menggunakan velg NTM Wheels “Pista 3” berjenis three pieces berbalut Ban Michelin Super Sport 245/40z R18 Y. Konfigurasi tersebut tampak menonjol berkat fender flare tipis berbahan karbon.
Bukan hanya kosmetik, body kit tersebut juga disenadakan dengan ubahan pada lips bumper depan, side skirts untuk menambah ground clearance, serta under spoiler. Selain itu, guna meningkatkan efek downforce terdapat wing berukuran raksasa di bagian belakang. Kaca mobil juga diganti menggunakan plexi glass lengkap dengan ventilasi.
Bagian interior disulap menggunakan sejumlah part racing. Seperti rollcage, full bucket seat berbahan serat karbon, seatbelt 6 titik, cluster instrumen digital, setir kemudi, gated shifter milik Ferrari termasuk teknik heel and toe. Tampilannya mampu membuat stunning bagi siapapun yang mengamati ruang kokpit tersebut.
Modifikasi tersebut dibangun untuk menjajal kompetisi balap Time Attack. Dapat diartikan, ubahan ekstrem tersebut bisa menjangkau lap tercepat. Celica custom ini dibangun workshop Arena Prototipi da Corsa, Italia. Dalam keterangan video, pemilik kanal Youtube davide458italia menyebut, untuk membangun mobil balap bermesin ganas, tunernya bahkan menghabiskan waktu sekitar 2.000 jam atau jika tanpa berhenti setara dengan pengerjaan selama 4 bulan penuh. Bahkan, menyebutnya project rumahan! Gokill