Bikin Tampang Lebih Segar, Inilah Ramuan “Obat Ganteng” Mobil

Merombak tampang mobil “berumur” jadi lebih muda bisa ditempuh dengan pemasangan paket facelift. Teknisnya, sejumlah komponen eksterior diganti menggunakan versi OEM mobil terbaru maupun produk tuner tertentu.

Proses konversi ini menyasar ubahan minimalis pada tampilan, desain, dan kelengkapan secara minor tanpa merubah wujud mobil aslinya.

Workshop yang menawarkan paket Facelift, Sisuka Corp bisa kamu datangi guys. Bermarkas di Jalan Aries Niaga Blok E1/3V Jakarta Barat ini mengambil spesialis penjualan dan pemasangan facelift kit, body kit, dan body work. Semisal produk Wald, Admiration, hingga Aimgain.

Toyota Land Cruiser 200 MC berkelir hitam disisipi Wald Body Kit dan kaki-kaki jenjang Wald Vellano 24″  | Foto: Ist @sisukacorp

“Di tempat kami lebih spesifik ke pemasangan dan penjualan komponen body kit. Selain itu, pasang  facelift kit yang sifatnya meremajakan tampilan mobil bukan perombakan total,” buka Eddy Handoko, Punggawa Sisuka Corporation.

Dari mulai mengganti headlamp, grill dan bumper sudah bisa disebut facelift. Hasilnya tampilan mobil jadi terlihat segar dari usia aslinya. Semisal Toyota Alphard lansiran 2015 dapat penyegaran menggunakan paket facelift dari mulai ganti headlamp, gril, dan bumper milik Alphard lansiran 2018.

“Biasanya yang  punya mobil Alphard atau Land Cruiser jarang dipake harian tuh. Setahun aja enggak sampe ratusan ribu kilometer. Nah kalau pemiliknya bosan, daripada beli tipe terbaru dari mobil itu ya mending di facelift saja. Soal anggaran enggak terlalu tinggi juga daripada mobilnya dijual terus beli yang baru,”kata Eddy.

Foto: Ist @sisukacorp

Eddy menyebut, saat ini paket facelift sedang banyak diminati untuk Toyota dan Lexus. Terlebih, paket facelift dari pabrikan mobil Eropa seperti BMW, Mercedes Benz, Lamborghini, Bentley hingga Rolls Royce juga tersedia.

“Serangkaian paket facelift yang bisa plug & play didatangkan langsung  dari Jepang, Taiwan, dan China juga banyak,”ujar Eddy.

Alphard SC dapat paket facelift menggunakan Wald Grille dan Velg Wald F001 21″ |  Foto: Ist @sisukacorp

Untuk menggunakan tampilan mobil versi negara tertentu, ketersediaan barang OEM  atau aftermarket tergantung gaya modifikasi yang ingin ditonjolkan. Biasanya kualitas material pembuatannya pun relatif, ada yang berbahan fiber, plastik atau karbon.

“Bahan sebetulnya sudah lama jadi perdebatan. Bagusan mana plastik atau fiber, itu semua tergantung siapa yang produksi. Pastinya, kalau mau murah ya lower your expectation. Jangan berharap banyak,”lanjut Eddy.

Toyota Vellfire tampil gagah disematkan body kit Wald “Black Byson” disertai velg Wald Renovatio 21″ | Foto: Ist @sisukacorp

Eddy menilai, tren modifikasi eksterior saat ini semakin berkembang. Hal tersebut sesuai selera modifikasi yang kian heterogen.

“Seiring berjalannya waktu yang sudah lebih dewasa pasti mau OEM look, ditunjang pemasangan paket facelift dengan penggantian komponen eksterior supaya mudah digunakan harian atau mempertahankan tampilan asli mobil. Sedangkan generasi muda pasti masih suka gaya modifikasi ceper, menggunakan bodykit bergaya agresif. Jadi lebih di klasifikasikan ke umur. Dari segi teknologi produksi juga lebih canggih,” jelas Eddy.

Foto: Ist @sisukacorp

Dalam prosesnya, pemasangan paket facelift dimulai dengan menanggalkan sejumlah komponen parts eksterior standar. Beberapa tahap dilakukan, seperti membuat rumah baut, atau mengakali part facelift agar presisi dengan dudukan asli.

Foto: Ist @sisukacorp

Proses instalasi “obat ganteng” berjenis plug & play tersebut biasanya memakan waktu 1 minggu, termasuk proses kelir ulang dan sejumlah penyesuaian. Terpenting seperangkat komponen facelift bisa terpasang rapi.

“Ada juga, paket facelfit yang harus memotong sasis atau bagian bodi tertentu bisa memakan waktu sekitar 1 bulan,”lanjutnya.

Foto: Ist @sisukacorp

Untuk satu proyek facelift dibanderol dengan harga variatif, dari mulai belasan hingga ratusan juta rupiah. Sesuai tipe mobil atau serangkaian parts dalam satu paket, dari mulai Bumper, add-on lips, spion, spoiler hingga velg.

Sisuka Corp sudah banyak menghadirkan karya facelift maupun modifikasi eksterior. Mulanya workshop satu ini banyak menerima pesanan body kit custom. Akan tetapi, proses pembuatan body kit sesuai selera itu tidak lagi ditawarkan. “Kita sudah 10 tahun terakhir tidak menerima custom lagi ,”tandasnya.

Para konsumen dari luar kota yang juga ingin memasang paket facelift bisa memesan langsung disini. Sila mulai bertanya melalui DM Instagram @sisukacorp.

Related Articles

Stay Connected

21,792FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles