Honda Civic Nouva Tampil Gagah, Pasang Jubah Project J

Perhelatan Indonesia Modification Expo (IMX) 2020 virtual menjadi saksi peluncuran body kit “Project J”, serangkaian part eksterior tersebut merupakan hasil kolaborasi Jacki ‘Pengepul Mobil’ dan Head of Designer West Coast Custom, Musa Tjahjono.

Dalam unggahan video di kanal Youtube NMAA TV, Sabtu (24/1/2021) Jacki menunjukan modifikasi Civic Nouva secara lengkap.  Bermodalkan tampilan bawaan Honda Civic Nouva atau Civic EF yang cenderung mengotak, maka ubahannya terinspirasi dari tampilan mobil balap touring Deutsche Tourenwagen Meisterschaft (DTM) .

“Saya senang sekali bisa kolaborasi dengan bro Musa, progres ini juga menandakan mimpi yang akhirnya jadi kenyataan. Saya hanyalah pengepul yang terus berinovasi hadirkan karya modifikasi terbaik dan berkarakter,”ujar Jacki dikutip 9000 miles Collaboration.

Foto: Captured via NMAA TV

Jargon ‘Build with Passion’ yang biasa digemborkan Pengepul mobil semakin terasa ketika Jacki menceritakan ikhwal proses kreatif tersebut. Untuk tahap realisasinya sendiri digarap oleh rumah modifikasi JS Garage. “Dengan tim, saya ingin kembali mengangkat eksistensi Civic Nouva. Apalagi dijelaskan mempertahankan originalitas bikin bodi kit garis standar itu susah. Dari desain 2D naik ke 3D membutuhkan ketelitian,” ungkap Jacki.

Adapun body kit ini terdiri mulai dari front lip, bumper, wide body fenders, side skirts, rear fenders, dan rear bumper. “Harganya dibanderol mulai 2500 USD. Tapi untuk konsumen di Indonesia kita kasih diskon sampai didampingi deh cara masangnya,” terang Jacki.

Foto: Captured via NMAA TV

Tak puas sampai disitu, Jacki meningkatkan kembali tampilan dan performa mesin Civic Nouva. Hal ini semakin mempertegas jargon ‘build with passion‘ yang dia ekspos. Pertama-tama, Jacki menunjukan ruang mesin yang sudah terlihat rapi dengan menerapkan wire tuck.

Bagian radiator kini diselundupkan ke bawah apron sehingga akomodasi ruang mesin tampak lega. Komponen pendingin mesin inin dioptimalkan oleh dua buah reservoir berbentuk termos dengan alur pipa melengkung.

Ubahan jantung mekanis yang kini menggunakan mesin K20 type R yang dibekali teknologi i-VTEC. Agar mesinnya duduk sempurna, dipasangi convertion kit dan engine mounting besutan HS Sport.

Foto: IMX 2020

Untuk menyeimbangkan tenaga buasanya, sejumlah komponen lain mengalami ubahan penyesuaian. Bedanya, kali ini Jacki tidak menambahkan komponen Individual Throttle Bodies untuk mengoptimalkan asupan udara seperti dua mobil modifikasi sebelumnya, Toyota AE 86 dan S2000. Karena masih mengandalkan karburator bawaan, ubahan mesin tidak terlalu radikal dilakukan, konfigurasi NA pada mesin tersebut sudah dipastikan kalau Jacki seorang ‘Honda Freaks’.

“Saya tetap pertahankan karakter khas Pengepul Mobil, modifikasi clean, simpel, dan fungsional,” terang Jacki.

Tenaga dari mesin K20 dikawinkan dengan transmis CNC. Sehingga mengubah setelan gear menjadi 6 percepatam maju sedangkan satu gigi mundur. Ubahan tersebut juga terlihat dari tampilan shift knob dan link case di interior yang terlihat asri.

Foto: IMX 2020

Sistem suspensi menggunakan coilover Aragosta bagian depan, sedangkan di bagian belakang menggunakan besutan dari Bodycon. Tak ketinggalan, komponen kaki-kaki mengalami ubahan menggunakan “pelek yang tidak pernah salah” Volk Rays TE37 berbalut ban Advan Neova 195/50 ditambah adaptor untuk mengunci pelek aftermarket terpasang presisi. ” Asalkan enggak mentok nih, karena fitment-nyakita pingin lebih proper aja supaya nyaman dipakai harian,”tandas Jacki.

Sedangkan ubahan lain untuk mendongkrak keandalan hasil modifikasi Civic Nouva ini terdapat pada sistem pengereman bagian belakang menggunakan disc dari AP Racing copotan Honda Genio. Sedangkan bagian depan mengandalkan master rem Honda GK5 atau Honda Jazz.

Related Articles

Stay Connected

21,787FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles