Modifikasi Honda CR-V RD1 Pasang Part OEM Usung Tampilan ALTO

0
Foto: Oki Muhammad Rizki
- Advertisement -

NMAA News-  Kegemaran Oki Muhammad Rizki terhadap aktivitas outdoor telah dirasakan sejak lama. Apalagi begitu melirik Honda CR-V RD1 lansiran 2002 dengan tampilan SUV, dia semakin terobsesi membawa mobilnya menyibaki alam terbuka.

Sejumlah ubahan yang dilakukan pada setiap bagiannya bertujuan agar CRV generasi pertama ini bisa menunjang perjalanan road trip. 

“Konsepnya simpel, memadukan tampilan eksterior versi CBU Aussie dengan sedikit sentuhan ALTO, karena saya suka camping,”buka Oki kepada NMAA Media, Sabtu, (23/1/2021).

Foto: Oki Muhammad Rizki

Untuk memudahkan utilitas berkendara jarak jauh, Oki memasang Rooftoptent dan side awning di atap mobilnya ini. Agar tampilannya makin manis, sejumlah part copotan CRV versi OEM dari Australia Domestic Market (AUDM) dihadirkan.

Dari tampilan depan, CR-V satu ini semakin gagah dengan yang terdiri dari bumper guard di atas bumper depan versi OEM CR-V yang beredar di Aussie, Australia. Sejumlah aksesoris seperti grill versi JDM, full gold emblem, foglamp, dan  deflecta EGR turut melengkapi.

Melangkah ke bagian samping  bisa kita lihat ubahan pada mirror fender, stepbar, retracted mirror, side marker light, dan door visor. Detail lainnya ditambahkan dengan pemasangan Honda CR-V side body graphics versi JDM.

Foto: Oki Muhammad Rizki

Tampilan kaki-kaki kekarnya masih mengandalkan versi bawaan dengan pelek kaleng ring 15 dibalut rapi ban MT 215/75. “Kaki kaki juga saya masih standard, sebenernya enaknya di tinggiin karena sudah pasang ban MT. Kadang,  suka mentok fender belakang kalo belok agak mentok,”ungkapnya.

Sejumlah komponen copotan versi OEM  didapatnya dari limpahan barang dari pasar Singapura dan Malaysia terpasang dengan mudah secara Plug and Play (PNP), atau dikelir ulang demi mewujudkan tampilan yang diinginkan.

Foto: Oki Muhammad Rizki

“Proses modifnya sendiri memakan waktu sekitar 6 bulan, beberapa parts copotan juga sempet sulit didapat. Tapi karena sudah hobi akhirnya dapat jejaring penjual,”tutur Oki.

Mengintip ke sektor interior, beberapa aksesoris ditambahkan seperti handle dasboard, box bawah kursi kiri, picnic table dan outempt clock.

Ubahan bagian belakang terdiri dari bumper versi Audm, stoplamp, 3rd stoplamp, rear bumper light dan cover license | Foto: Oki Muhammad Rizki

Oki menambahkan, modifikasi mobil adventure tergolong cukup mudah, karena ubahannya tidak terlalu kompleks.”Menurut saya sih, modifikasi apapun tetap aman selagi tidak mengubah kelistrikan. Karena keliru sedikit bisa memicu korsleting,”ungkap Oki.

Selain itu, sektor kaki-kaki di Honda CR-V generasi pertama ini jadi nilai plus dengan dibekali suspensi Double Wishbone yang menghadirkan sensasi handling seperti sedan meskipun perawakannya sebuah SUV.

Foto: Oki Muhammad Rizki

Pasalnya selama dipakai road trip luar kota, CR-V milik Oki masih terasa nyaman.”Ya asalkan enggak nemu jalur ekstreme atau trek off-road berat berat,”imbuhnya sambil menandaskan obrolan.

Sedangkan dibalik kap mesinnya masih dibekali mesin F20A milik CR-V CBU lokal. Di atas kertas mesin 4 silinder segaris, DOHC tersebut mampu menyemburkan tenaga 113 dk pada 6.000 Rpm dan torsinya sebesar 159 Nm pada 3.700 Rpm. Tenaga tersebut dikawinkan dengan transmisi manual 5 percepatan berpenggerak roda depan (FWD).

- Advertisement -