Velg Mobil Peang Usai Hantam Lubang, Inilah Dampaknya

Beberapa waktu lalu Drifter Nasional, Akbar Rais mengalami kejadian tak mengenakan di Jalan Tol Kanci Pejagan. Pasalnya, velg mobil yang dikendarainya penyok oleh lubang saat menempuh perjalanan di Tol Kanci-Pejagan dengan kecepatan kurang lebih 120 Km/Jam.

Dikutip dari postingan dan insta story Akbar Rais, kondisi tersebut tentu menimbulkan dampak berbahaya. “Saya mengalami kejadian ini, beruntungnya mungkin saya masih bisa handling kendararaan yang sayabawa. Saya khawatir orang lain yang kena dan tidak bisa handling mobilnya, akan mengakibatkankerugian juga sampai terjadi kecelakaan,” cerita Akbar seperti dikutip dari akun instagramnya.

Kejadian serupa juga sering dialami para pengguna jalan tol lainnya. Selain bikin velg mobil penyok (peang), sopir bisa kehilangan kontrol saat menyetir hingga menimbulkan kecelakaan.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Akbar Rais (@akbarrais)

Punggawa Toko Velg Seken, F*ck Wheel Dude, Willy Mohammad mengatakan, biasanya bagian lips atau barrel paling sering mengalami peang. Kondisi ini terjadi karena dinding ban tidak dapat menahan benturan dengan baik, alhasil kedua bagian tersebut jadi tumpuannya.

“Dampak itu akan diikuti getaran dan ketidakstabilan mobil. Bahkan, lebih parahnya lagi tekanan angin ban berkurang. Kondisi ini tentu berakibat fatal apabila sedang di kecepatan tinggi,” buka Willy.

Ketika mobil menjangkau kecepatan tinggi saat melewati kondisi jalan yang buruk juga bisa berdampak langsung pada komponen kaki-kaki ini. Selain itu, velg peang juga bisa disebabkan karena benturan langsung dengan trotoar jalan.

Foto: resource.stuffco.nz

”Untuk tahap perbaikan biasa di press menggunakan alat khusus, mulanya velg dipanaskan lalu diketok sampai lips atau barrel velg kembali ke kondisi semula,”ujar Willy.

Kalau ingin velg mobil lebih awet, hal terpenting dimulai dari cara berkendara seperti jangan berkendara terlalu dekat trotoar atau menghantam lubang-lubang yang dilewati dalam kecepatan tinggi. Terlebih kondisi jalan juga mempengaruhi meski mobil sedang berjalan pelan.

Ketika kondisi velg sudah kembali membaik, bukan menjamin velg tidak penyok lagi. “Kondisi tersebut balik lagi ke pengguna sih.  Kalo dibilang tidak peang lagi selama pemakaiannya lebih hati-hati. Karena velg ketika sudah di repair akan disetel balance menjadi 0 lagi, kalau masuk lobang ya tetep peang lagi,” tambahnya.

Foto: oscleo garage

Willy menyebut, ragam material pembuatan velg juga bisa mempengaruhi dampak kerusakan velg itu sendiri.” Biasanya kalau velg jenis forged atau lightweight punya tingkat durabilitas lebih baik,” sebutnya. Karenanya, periksa dulu kondisi velg sebelum atau sesudah berpergian terutama keseimbangan dan tekanan angin ban.

Bagi kalian yang akan memperbaiki velg peang bisa datang langsung ke F*ck Wheel Dude Store di Jalan Aceh No.39 atau DM Instagram @willy_fwd. Ada juga beberapa varian velg aftermarket dengan beragam varian ukuran, jenis dan merek terkenal. Sedangkan khusus katalog velg aftermarket dengan harga terjangkau bisa dilihat stoknya di akun Instagram @underceban_wheels.

Related Articles

Stay Connected

21,792FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles