NMAA News – MPV bertubuh kompak yang masih sering dijumpai di Indonesia, Suzuki Karimun, dinilai cocok untuk digunakan sebagai mobil keluarga. Selain memuat ruang interior yang luas, mesin bandel, dan ketersediaan spare part melimpah jadi salah satu alasan eksistensinya tetap cemerlang.
Berbeda dengan pemilik Suzuki Karimun GX lansiraan 2004 ini, alih-alih mendapat kepuasan dari konsep modifikasi sebelumnya, malah membuahkan banyak ‘PR’ yang merepotkan.
“Awal modifikasi karimun ini mengacu pada konsep street racing, tapi capek hampir tiap bulan benerin bumper pecah karena gasruk terus,” buka Didiet pemilik Karimun GX 2004 yang juga punggawa Bandietoz Garage Kustom kepada NMAA Media, Rabu (3/2/2021).
Dari situlah Didiet mulai memikirkan ‘plan b’ agar Karimun miliknya bisa mewujudkan tampilan modifikasi proper yang nyaman digunakan harian dan tetap terlihat ‘outstanding’. Terlebih, sederet modifikasi Karimun biasanya mengacu pada ubahan minimalis. Misalnya, pasang pelek aftermarket, roof box, atau menyisipkan perintilan aksesoris.
“Akhirnya, kita puter otak gimana caranya mobil bisa dipake normal harian, enggak banyak nyusahin. Sampai dipilih modifikasi Rally Look yang notabene tidak mengalami banyak gubahan dari gaya modifikasi awal,” terang Didiet.
Tampang depannya dilengkapi dengan empat buah Hella Foglamp untuk menunjang visibilitas berkendara. Dilengkapi juga dua buah spion copotan Toyota Agya di kedua sisi.
Aura mobil rally tarmac ditunjang berkat pemasangan full custom body kit buatan bengkelnya, Bandietoz Garage Kustom. Terdiri dari bumper depan, side skirt, dan over fender. Sedangkan di bagian belakang pemasangan bumper belakang, lips bumper dan wing spoiler turut melengkapi.
Aksesoris penampilan rally juga dilengkapi dengan tambahan stoplamp Hella, mud guard Suzuki Sport, dan custom tail muffler.
Untuk mengakomodir keempat overfender tersebut, dia mengaplikasikan radius fender sekitar 5 cm. Bahkan, meski mobil satu ini bukan dua pintu sekalipun, body kit yang terpasang tampak presisi.
“Oiya, semua desain body kit kita buat kustom,” tambahnya.
Bagian atap mobil dibuat makin spesial dengan memasang ragtop electric dari Webasto yang dipadukan ragtop deflecta versi part aftermarket Mercedes-Benz.
Melongok ke ruang interior tampilannya memadukan kerapian dan ubahan special. Dari mulai OMP steering wheels, Suzuki Sport shift knob, dan Suzuki Sport pedal set. Tapi yang tak kalah menonjol, kita bisa melihat jok di baris depan milik Mazda RX7 FD.
Sedangkan ubahan audio mengandalkan Head Unit Pioneer AVH-P3450DVD yang dilengkapi Hertz Mid split speaker, JL Audio Subwoofer 10″ W-08 dan A/D/S P100.4 Power Amplifier 1800watt. Konfigurasi tersebut pastinya menghasilkan fitur hiburan maksimal.
“Sebenernya ada kesulitan juga saat itu. Karena tidak ada referensi modifikasi Rally untuk Karimun Kotak ini. Boleh dibilang ini yang pertama kali,”ungkapnya.
Komponen kaki-kaki mengalami ubahan agar meningkatkan kenyamanan handling, apalagi dipakai bermanuver. Ubahan paling dominan ditunjukan dengan pelek Oz Legenda berukuran 17 inci berbalut kulit bundar buatan Accelera PHI-R 205/40/17.
Seluruh bobot kendaraan ditopang dengan spring, sokbreker dan bushing arm yang dibuat secara custom.
Dibalik kap mesinnya, masih menggendong jantung pacu F10a berkapasitas 1000cc yang dikawinkan dengan transmisi 5 kecepatan. Supaya output tenaga maksimal, dilengkapi dengan sejumlah perintilan mesin yang sudah menempuh Porting and Polish (PNP).
Diantaranya Custom Rotor distributor, Heavy duty spark wire USA, busi Iridium, Koil MSD kering dan Crane Cams Hi-6 modul ignition. Sedangkan sistem gas buang terdapat konfigurasi Header 4:1, Steinless set exhaust system yang berakhir hingga ke dual tailpipe di bagian belakang. Dijamin bikin napas mobil makin lega.
Detail Modifikasi Suzuki Karimun GX 2004 ‘Rally Look’ (Tarmac)
Eksterior :
Full custom Body Kit Design
by Bandietoz Garage Kustom
Fender Radius 5cm
Ragtop electric Webasto
Ragtop Deflecta after market Mercedes
Side Mirror Toyota Agya
Fog lamp Hella 4pcs
Third Stop Lamp Hella
Custom Tail muffler
Mud guard Suzuki Sport
Engine :
Engine 1000cc (F10a)
Manual 5 speed
Polish Porting
Header 4 : 1
Steinless set exhaust system
Custom Rotor distributor
Heavy duty spark wire USA
Iridium spark
koil MSD (dry)
Crane Cams Hi-6 modul ignition
Suspension & wheels :
Custom spring
Custom shockbreaker
Custom bushing arm
Oz Legenda 17″
Tire Accelera PHI-R
205/40/17
Interior :
OMP steering wheels
Suzuki Sport shift knob
Suzuki Sport pedal set
Mazda RX7 FD front seat
Audio :
Head Unit Pioneer AVH-P3450DVD
Hertz Mid split speaker
JL Audio Subwoofer 10″ W-08
A/D/S P100.4 Power Amplifier 1800watt