Home Proper Modz (Car Modz) Toyota Voxy Tampil Agresif Dijejali Body Kit Lebar Plus Pelek 20 Inci

Toyota Voxy Tampil Agresif Dijejali Body Kit Lebar Plus Pelek 20 Inci

0
Foto: Captured via NMAA TV

NMAA News – Ide modifikasi elegan pada kendaraan berjenis high roof MPV berpintu geser biasanya membutuhkan komposisi tepat ketika meracik komposisi fitment kaki-kaki. Apalagi jika ingin menunjukan tampilan bagged yang ditunjang oleh pemasangan air suspension.

Tak pelak, modifikasi mobil berdimensi lebar ini justru mengalami kesulitan dengan fungsi pintu geser mentok, atau gesrot pada ban ketika mobil sedang menikung. Sehingga membutuhkan ketelitian ekstra selama pengerjaannya.

“Bisa dibayangkan, kerumitan tersebut semakin kompleks dengan menjejali overfender di keempat sudutnya untuk mempertegas kesan sangar dari tampilannya,” buka host NMAA TV, Rudy Ghupta sembari menunjukan modifikasi Toyota Voxy dalam unggahan video ModifVlog di kanal Youtube NMAA TV (21/2/2021).

Foto: Captured via NMAA TV

Toyota Voxy milik car enthusiast bernama Mr. Mad’s berhasil mengakomodir fitment kaki-kaki walaupun mengalami kesulitan dengan keterbatasan pada ruang fender.

“Mr Mad’s sendiri menginginkan gaya modifikasi Toyota Voxy stylish juga nyaman dengan ban tebal. Akhirnya, fender depan masih mengandalkan versi bawaannya berbahan metal dirombak habis-habisan hingga menghasilkan lebar 4-5 cm tiap sisinya. Agar bisa memasang pelek lebar yang dijahit rapi dengan ban berprofil tebal,” terang Rudy.

Sektor visibilitasnya ditunjang dengan pemasangan projector HID lampu depan dan foglamp berjenis LED. Agar terlihat atraktif, terdapat DRL lamp berwarna merah di antara kisi-kisi grill. | Foto: Captured via NMAA TV

Dilihat dari fascia depan, tampilan agresifnya ditunjang dengan ubahan pada bumper custom dilengkapi jaring udara yang berpadu dengan model grill horizontal dan lips karbon. Di atas kap mesin orisinalnya juga terdapat lubang udara agar nafas mesin makin lega.

Foto: Captured via NMAA TV

Beralih ke bagian samping, ubahan kaki-kaki menggunakan pelek SSR SP4 9,5 berukuran 20 inci serta ban Advan V105 275/35 R20. Begitupun pelek belakang memiliki lebar 8,5 berukuran 20 inci berbalut ban 255/35 R20 Advan V105 . Agar deselerasi maksimal, dilengkapi sistem pengereman BBK 6 pot dan rotor 362 mm di bagian depan serta BBK 4 pot dan rotor 355 mm di bagian belakang.

Foto: Captured via NMAA TV

Untuk mengakali ubahannya tanpa mengganggu kinerja pintu geser, terlebih dengan tambahan overfender berbahan fiber, ditempuh dengan membuat bagian doortrim sedikit lebih tipis.

“Menariknya, bagian paling sulit  ini memiliki tampilan body moulding senada pada fender depan-belakang. Karenanya Mr. Mad’s meningkatkan tampilan samping dengan menambahkan side skirt berbahan karbon,” jelas Rudy.

Foto: Captured via NMAA TV

Bergeser ke bagian belakang, sejumlah ubahan terintegrasi dengan konsep agresif dari bagian depan dan samping. Dari mulai lips spoiler aftermarket yang terpasang di atas spoiler bawaannya, ventilasi atau lubang udara custom di pilar D, dan lampu belakang bawaan berpenampilan elegan.

Foto: Captured via NMAA TV

“Tampilan racing begitu kental dengan mengakali konstruksi tipis dari bumper belakang menggunakan diffuser dan quad tip di sisi kanan-kiri,” sebutnya.

Guna menopang bodi serta merebahkan kaki-kaki, Toyota Voxy satu ini dibekali air suspension 2 titik buatan eRpro dan sokbreker Tein Endurapro plus EDFC yang dapat diatur dari dalam kabin. Selain itu, dilengkapi dua buah kompresor single tank dan piping airsus hardline berbahan stainless.

Foto: Captured via NMAA TV

Melongok ke ruang kabin, aura mobil khas MPV terasa seperti kabin pesawat jet pribadi. Dominasi kain pelapis berbahan kulit asli berwarna hitam terlihat dari kokpit kemudi, door trim, setir dan panel interior lainnya. Jok di baris pertama kini mengandalkan copotan Toyota Camry dengan fitur electric car seat serta head rest milik Toyota Alphard. Begitupun dua buah kursi kemudi berjenis captain seat dari copotan Toyota Estima.

Foto: Captured via NMAA TV

“Kita bisa lihat cluster instrument mewah yang mampu memberikan informasi dari seluruh perangkat elektrikal mobil. Seperti meter indicator, supercharger, airfull ratio, air pressure indikator airsus, dan tingkat kekerasan sokbreker,” ulasnya.

Selain itu, sejumlah aksesoris optional seperti tombol – tombol interior bawaan diganti dengan jenis OEM dari Toyota Voxy versi Jepang.

Seluruh ubahan modifikasi di segala sektornya dioptimalkan dengan imbuhan doping Supercharger besutan Rotrex C30-84 dan intercooler SARD. Kini tenaganya diklaim mengalami peningkatan hingga 100 dk.

“Penambahan supercharger ini dinilai kompatibel dengan transmisi CVT, karena pulley  supercharger terintegrasi dengan pulley mesin. Hasilnya mesin dapat suplai tenaga tambahan yang bersifat konstan pada putaran bawah maupun atas,” tandasnya.

Exit mobile version