Tips Astra Peugeot: Jangan Lewatkan Perawatan Seputar Roda

NMAA News – Kerap terjadi, pemilik kendaraan mengalami gejala roda mobil seperti terkunci atau tersendat. Laju mobil seolah terasa tertahan diselingi suara aneh pada area roda. Gejala tersebut dianggap cukup serius bagi sebagian besar pengguna kendaraan.

Terlebih jika mobil usai dicuci atau setelah melewati jalan tergenang banjir. Biasanya, usai diparkir, katika ingin berjalan lagi, rem seperti mengunci. Jika telusuri, secara umum gejala tersebut disebabkan karena kurangnya perhatian pada area roda yang kerap terabaikan.

Gejala nge-lock atau seperti terkunci muncul karena kampas rem masih menjepit cakram ketika mobil mau dijalankan. Umumnya terjadi saat mobil habis jalan lalu dicuci dan tidak jalan dalam waktu lama. Selain proses pengeringan tidak optimal di area roda hingga rawan timbul karat atau residu. Alhasil posisi kampas sulit lagi ke posisi bebas,” jelas Rafi’i Sinurat, Kepala Bengkel Astra Peugeot Cilandak, Jakarta.

Untuk itu perawatan untuk bagian tersebut harus diperhatikan dengan cara seperti jangan mencuci komponen seputar roda baik cakram, kaliper, ataupun pelek mobil saat berada di kondisi suhu yang panas. Sebaiknya untuk mencuci bagian tersebut, tunggu hingga kondisi suhu sudah lebih normal atau menurun.

Perawatan area roda baik untuk dilakukan secara rutin, terutama jika kendaraan yang digunakan sering melalui genangan air. Pastikan cakram dan pelek bebas dari debu dan terutama kotoran yang biasa terakumulasi akibat sisa gesekan antar kampas rem.

Mencuci rem cakram dan pelek cukup mudah. Layaknya ritual mencuci mobil. Sebab kotor di pelek karena debu itu mudah dibersihkan jika sering dicuci. Apalagi kebanyakan pelek saat ini memiliki finishing dengan lapisan cat,” imbuh Rafi’i.

Finishing pelek dengan chrome, cara merawatnya tinggal pakai carian khusus pembersih chrome. Umumnya cairan ini membersihkan bekas gemuk (grease) yang nempel membandel dan sulit dibersihkan dengan air.

Untuk pelek yang memiliki motif jari (mesh) atau juga memiliki banyak palang, biasanya lebih sulit dibersihkan. Cobalah gunakan sikat halus untuk membersihkan celah sempit di antara palang. Jika membandel, ulangi terus proses membersihkan dan hindari penggunaan minyak tanah atau bensin karena dapat membuat cat menjadi kusam.

Jika memungkinkan, sesekali lepaskan pelek agar proses pencucian lebih detail. Tak perlu sering-sering, tiga bulan sekali adalah waktu yang tepat.

Octo Budhiarto
Octo Budhiartohttp://nmaa.co.id
Berkecimpung di industri media otomotif nasional sejak September 1994. Telah menulis puluhan ribu artikel tentang fenomena dan tren dunia otomotif nasional maupun internasional. Aktif di berbagai komunitas otomotif dan punya kesukaan akan restorasi, modifikasi, teknologi, serta test drive mobil-motor terbaru.

Related Articles

Stay Connected

21,806FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles