Tips Astra Peugeot: Sehabis Musim Hujan Waspadai Area Spakbor dan Kolong Mobil

NMAA News – Jelang pergantian dari musim hujan ke kemarau, para pemilik mobil baik produk terbaru atau lama disarankan memperhatikan bagian kolong mobil yang kerap kurang mendapat perhatian. Mengingat di bagian tersebut rata-rata menggunakan material berbahan dasar besi yang rentan berkarat.

“Setiap melewati jalan becek hingga banjir, banyak kotoran seperti pasir atau sampah dapat menempel. Bila didiamkan, efeknya dapat menimbulkan karat, walaupun pabrikan sudah melapisinya dengan anti karat,” ujar Samsudin, National Technical Advisor PT Astra International – Peugeot.

Menurut penelitian, air hujan memiliki kadar PH di bawah 5 atau 6, sehingga bersifat asam. Terlebih kandungan karbondioksida di udara larut dengan air hujan yang memiliki bentuk sebagai asam lemah. Sedangkan kadar PH yang netral adalah berada pada angka 7.

Untuk menghindari karat dan memperpanjang usia pakai kendaraan, cara paling mudah setelah mobil kehujanan yaitu sering-sering dibilas air bersih. Terutama di area sekitar sepakbor dan kolong mobil jika memang masih dapat dijangkau.” imbuh Samsudin.

Sebaiknya saat membersihkan sepakbor dan kolong mobil menggunakan air bertekanan tinggi. Selain itu bersihkan juga bagian pelek, kaliper dan cakram rem dari pasir yang menempel. Bila ini terjadi pada rem, maka akan mengganggu kinerjanya.

Bila menumpuk atau sulit dibersihkan, sebaiknya mobil dibawa ke tempat cuci mobil yang menyediakan fasilitas cuci bagian kolong dengan air tekanan tinggi. Biasanya tempat cuci mobil ini menggunakan alat hidraulis sebagai pendukungnya. Carilah cuci mobil hidraulis yang bertumpu pada keempat roda.

Octo Budhiarto
Octo Budhiartohttp://nmaa.co.id
Berkecimpung di industri media otomotif nasional sejak September 1994. Telah menulis puluhan ribu artikel tentang fenomena dan tren dunia otomotif nasional maupun internasional. Aktif di berbagai komunitas otomotif dan punya kesukaan akan restorasi, modifikasi, teknologi, serta test drive mobil-motor terbaru.

Related Articles

Stay Connected

21,806FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles