Menparekraf Sandiaga Uno Fokus Kembangkan Wisata Otomotif Indonesia

NMAA News – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahudin Uno terus mendukung bangkitnya industri otomotif nasional. Dua poin yang menjadi fokus untuk pihaknya saat ini yaitu menstimulasi kebangkitan industri otomotif nasional serta membuka tren wisata berbasis alam terbuka.

Dua poin tersebut disampaikan Sandi dalam sesi talkshow bertajuk ‘ Tren Pariwisata Berbasis Komunitas Otomotif’ dalam gelaran International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 di JIExpo, Kemayoran, Minggu (18/4/2021).

“Gelaran pameran IIMS merupakan langkah strategis menyiasati kondisi pandemi covid-19. Kami berharap, kedepannya banyak acara yang mencontoh IIMS dengna menerapkan protokool kesehatan Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainability (CHSE), jadi ini panduan kita, destinasi harus patuh prokes,” ujar Sandi.

Nantinya, Sandi Berharap gelaran di daerah yang sempat tertunda perlahan mulai bisa menyesuaikan dengan kondisi saat ini. Sebab, pihaknya juga sedang mengembangkan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) berbasis otomotif.

Foto: IIMS

“Wisata berbasis keberlanjutan lingkungan sebetulnya banyak. Misalnya kalau dekat Jakarta itu ada Tanjung Lesung di Banten. Tersedia Spot Tourism Wisata Bahari, Eco Tourism sampai pembelian merchandise,” lanjut Sandi.

Bahkan, pihaknya mengimbau supaya masyarakat dapat berwisata di tempat-tempat terdekat di Indonesia baik rekreasi atau minat terhadap aspek kultural. Dilihat berdasarkan data yang didapat, sekira 11 miliar USD uang yang masuk ke luar negeri dari masyarakat Indonesia.

” Ada baiknya saat ini kita melirik dulu destinasi wisata di Indonesia, minimal bisa menyentuh angka 20 hingga 20 persen saja untuk meningkatkan sektor pariwisata di Indonesia,” lanjut Sandi.

Ia mencontohkan, sejumlah destinasi wisata berbasis otomotif sudah mulai bermunculan semisal di objek wisata Borobudur. “Langkah ini bisa dikonsepkan lebih kreatif misalnya  dengan mobil listrik, mobil off road ini sangat dinikmati wisatawan. Tentunya dengan menerapkan CHSE,” tandasnya.

Related Articles

Stay Connected

21,962FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles