NMAA News – Mitsubishi Xpander menjadi model yang menjadi tulang punggung sekaligus penyelamat stabilitas penjualan total produk Mitsubishi yang dipasarkan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) selama masa pandemi. Hal ini terungkap saat gelaran Mitsubishi Media Gathering 2021 secara virtual pada Selasa, (6/4/2021).
Kondisi pandemi Covid-19 dan penerapan skenario Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diterapkan Pemerintah guna meredam laju penyebaran virus Corona, memang meluluhlantakkan hampir semua sektor industri dan perekonomian bangsa, termasuk sektor industri otomotif nasional.
Namun di tengah terpaan badai berat tersebut, PT MMKSI berhasil menjaga posisi pasarnya yang kuat baik pada segmen kendaraan penumpang maupun niaga ringannya.
Keberhasilan MMKSI menjaga posisi pasar di kedua segmen tersebut merupakan bukti komitmen Mitsubishi Motors dalam menggarap pasar kendaraan dan kesesuaian lini produk dan model kendaraan Mitsubishi Motors dengan kebutuhan dan preferensi masyarakat Indonesia.
Menurut pihak MMKSI, salah satu model Mitsubishi yang mampu menstabilisasi penjualan produknya adalah varian Xpander, termasuk di dalamnya Xpander Cross. Xpander berkontribusi signifikan terhadap angka penjualan total MMKSI dan secara umum turut menjaga volume dan kontribusi di segmen small-MPV.
Merujuk pada data penjualan retail GAIKINDO tahun kalender 2020, kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi di Indonesia mencatat angka penjualan total 54,768 unit (Jan 2020 – Dec 2020). Di mana Mitsubishi Xpander (termasuk Xpander Cross) meraih pangsa pasar 24,1% di segmen small-MPV.
Dari total penjualan tersebut, merupakan penjualan model kendaraan penumpang sebesar 34.504 unit (Xpander, Xpander Cross, Pajero Sport, Eclipse Cross, Outlander PHEV). Angka ini terkoreksi 57,2% dari tahun sebelumnya, dikarenakan menurunnya daya beli dan situasi pasar akibat efek pandemi.
Sedangkan pencapaian penjualan kendaraan niaga ringan Mitsubishi Motors di Indonesia sebanyak 20.264 unit (Triton, L300 dan T-120SS) yang terkoreksi 47% dibandingkan 2019. Secara total, angka penjualan kendaraan Mitsubishi Motors di Indonesia terkoreksi turun 55.4%.
Kendati secara total turun, namun beberapa model kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi Motors berhasil menjaga posisi pasar dan mampu meredam penurunan drastis di penjualan masing-masing segmen, yakni:
- Xpander (termasuk Xpander Cross) meraih pangsa pasar 24,1%di segmen small-MPV
- L300 menjadi pemimpin pasar di kelas Pick-Up & Van Small dengan pangsa pasar 60.6%
- Triton menjadi pemimpin segmen di kelas 4×4 dengan pangsa pasar 53,6%
- Pajero Sport menjadi pemimpin segmen di kelas 4×4 dengan pangsa pasar 53,2%
-
Kategori
Volume (Jan – Dec 2020)
Pangsa Pasar (Jan – Dec 2020)
Perbandingan tahun kalender (2019 vs 2020)
CY2019
CY2020
CY 2019
CY 2020
Unit CY2019
% CY2019
Kendaraan Penumpang
80.680
34.504
10,4%
8.4%
<46.176
<57,2%
Kendaraan Niaga Ringan
38.256
20.264
22,5%
17,5%
<17.992
<47.0%
Kendaraan Penumpang & Niaga Ringan
118.936
54.768
12,6%
10,4%
<64.168
<54,0%
Rincian penjualan retail model kendaraan Mitsubishi Motors di Indonesia tahun 2020:
-
Kategori
Model
CY2020 (Jan – Dec 2020)
Unit
Pangsa Pasar
Segmen
Kendaraan Penumpang (PC)
Xpander
14.301
24,1%
Small MPV
Xpander Cross
11.267
Pajero Sport 4×2
8.024
34,9%
Medium SUV 4×2 (2.500cc)
Pajero Sport 4×4
599
53,2%
Medium SUV 4×4 (2.500cc)
Eclipse Cross
271
2,1%
Medium SUV 4×2 (2.000cc)
Outlander PHEV
9
0,0
SUV 4×4 Upper High
Total PC
34.504
8,4%
Kendaraan Niaga Ringan (LCV)
Triton 4×4
5.105
53,6%
Small Pick-Up 4×4
Triton 4×2
172
0,7%
Small Pick-Up 4×2
L300
14.986
60,6%
Mini Pick-Up & Van 4×2
Total LCV
20.264
17,5%
Total PC + LCV
54.768
10,4%
Adanya proyeksi dan target GAIKINDO untuk penjualan kendaraan tahun 2021 sebesar 750.000 unit, serta ragam produk yang diluncurkan kompetitor untuk pasar Indonesia semakin memacu semangat dan optimisme MMKSI untuk berkompetisi dalam memberikan produk, layanan penjualan dan purna jual terbaik kepada konsumen.
Atas hasil tersebut, President Director PT MMKSI dalam konperensi pers virtual yang dilakukan pada Selasa (6/4/2021) tersebut, juga mengucapkan terima kasih atas peran serta media yang turut berkontribusi aktif dan mendukung aktivitas merek Mitsubishi Motors sepanjang 2020.
Hubungan dan sinergi yang terjalin baik antara MMKSI dan media Indonesia terwujud melalui berbagai pemberitaan positif yang disampaikan kepada masyarakat, menjadi pemacu MMKSI untuk memberikan produk dan layanan terbaik kepada konsumen secara berkelanjutan.
“Hal ini mencakup pada keseluruhan proses kepemilikan kendaraan, serta segenap usaha mencapai target penjualan. Berbagai capaian yang diraih MMKSI diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap industri otomotif, pertumbuhan ekonomi dan kepentingan masyarakat Indonesia secara luas,” pungkas Naoya Nakamura.