Mobil Reli Dakar Prodrive BRX Hunter akan Hadir dalam Versi Road-Legal

NMAA News – Mewujudkan sebuah purwarupa mobil Reli Dakar legal saat ini sedang dikembangkan oleh konseptor motorsport asal Inggris, Prodrive. Model produksi yang  berbasis Prodrive BRX Hunter.

Guna menempuh penyempurnaan menjadi mobil road-legal diprediksikan memiliki wujud tampilan yang tidak jauh berbeda dengan tunggangan Sebastian Loeb saat turun di kejuaraan Reli Dakar 2021 lalu.  Dilansir dari laman Autocar, model produksi akan mengusung mesin V6 3.5 liter twin-turbocharged Ford.

Meski tidak jauh berbeda, gubahan sektor mesin paling utama adalah meaksimalkan produksi tenaganya menjadi 500 hp atau 100 hp lebih tinggi dibanding versi Prodrive BRX Hunter. Mesin tersebut nantinya dibekali transmisi khusus sesuai penggunaan di jaln raya.

Foto: Carscoops/Autocar

Prodrive BRX Hunter sejatinya memiliki sebagian besar struktur bangun dan pengaturan suspensi yang sama dengan mobil balap. Dimensi bodi diperkirakan sedikit melebar supaya dapat mengakomodasi roda dan ban yang lebih besar.

“Ketika kami pertama kali memiliki ide mobil jalan raya, kami berpikir untuk membuat versi detuned, tetapi sejak Januari kami memutuskan untuk menggunakan cara lain, memberikannya sekitar 500bhp.”bilang pendiri dan kepala eksekutif Prodrive, David Richards, dalam sebuah pernyataan.

Bisa diartikan jika produksi mobil off-road satu ini pastinya menjadi buruan baru para kolektor terutama penggemar reli. “Jelas harus lebih nyaman dibanding mobil Dakar. Kami sedang mengerjakan spesifikasi tepatnya. Ian Callum dan timnya sedang mengerjakan hal-hal ini sekarang,” tandasnya.

Foto: Carscoops/Autocar

Proyek ini ditangani langsung oleh mantan kepala desain Jaguar Ian Callum dan pembalap Spanyol Nani Roma. Sebelumnya, awal 2021 lalu ajang Reli Dakar di di belakang kemudi, finis di urutan kelima secara keseluruhan di Dakar tahun ini. Sejumlah perubahan akan dilakukan pada model produksi tetapi sebagian besar akan sangat mirip dengan versi Reli Dakar aslinya.

Adapun, Prodrive berencana membuat purwarupa model produksi dan mulai diuji coba akhir 2021 mendatang. Sejumlah kalangan menyebut, mobil satu ini akan dihargai sekitar £ 1 juta ($ 1,37 juta) atau setara kisaran 12 milliar. Sungguh angka fantastis untuk sebuah mobil road-legal.

Related Articles

Stay Connected

21,794FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles