Pemula Wajib Tahu, Begini Cara Mengatur Kaca Spion Mobil

NMAA News – Tidak sedikit pemilik mobil yang tidak paham akan kegunaan beberapa fitur pada kendaraannya. Padahal jika sedikit jeli ada beberapa fitur yang justru harus diperhatikan. Seperti spion yang berfungsi memantau kondisi di kedua sisi samping kendaraan, tanpa harus menoleh ke samping.

Dilihat dari fungsinya yang berkaitan dengan visibilitas berkendara, karena itu mengatur posisi spion di zisi kanan-kiri amat begitu penting. Lantas, bagaimanya cara mengatur posisinya?

  1. Pertama, duduklah di kursi kemdi lalu dekatkan kepala Anda pada kaca di sebelah kanan Anda sambil melihat pantulan gambar yang tercermin pada spion. Lakukan penyesuaian hingga Anda bisa melihat sedikit bagian dari sisi pinggir kanan mobil Anda. Apabila sudah mantap dan sesuai, Anda bisa melakukan hal yang sama pada spion mobil bagian kiri.
  2. Spion pada bagian kanan dan kiri mobil berfungsi untuk memberi pantulan gambar pemandangan dari jalur jalanan sebelah Anda, bukan menunjukkan bagian samping mobil Anda. Dengan begitu, jika hendak berpindah jalur, Anda bisa melakukannya dengan aman.
  3. Berbeda dengan spion luar, spion di dalam mobil memuat fungsi untuk menyediakan pantulan gambar yang berbeda dari kondisi di luar mobil. Apabila spion samping memberikan pantulan gambar dari kondisi jalur sebelah, maka spion depan memberikan pantulan gambar dari kondisi di belakang mobil Anda. Pastikan keduanya berbeda karena jika tidak, berarti Anda belum mengatur spion mobil secara baik dan benar.
  4. Jika spion belum diatur dengan benar, biasanya ada area visibilitas saat jadi tidak terpantau dengan jelas atau disebut blindspot. Hal ini umumnya terjadi ketika Anda menganggap tidak ada kendaraan lain di sekitar mobil, padahal kendaraan tersebut sudah berada dalam jarak yang cukup dekat dengan mobil Anda. Mengatur ketiga spion dengan baik dan benar adalah kunci untuk menghindari adanya blindpot.
  5. Untuk memastikan bahwa Anda tidak melewatkan adanya blindspot, mintalah teman atau orang lain untuk berjalan mengelilingi mobil selagi Anda berada di belakang kemudi. Pastikan Anda bisa selalu melihat ia melalui ketiga kaca spion selama berjalan. Minta orang tersebut untuk berjalan beberapa kali agar Anda bisa memastikan bahwa pengaturan ketiga spion Anda sudah baik dan benar.

Foto: freepik

Selain pengaturan, tidak dipungkiri jika ukuran spion juga mempengaruhi keamanan berkendara.

Related Articles

Stay Connected

22,069FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles