Begini Cara Vertue Concept Restorasi BMW E39 Milik Ridwan Hanif

NMAA News – Spesialis modifikasi dan restorasi interior mobil asal Sunter, Jakarta Utara, Vertue Concept sukses manjakan selera Youtuber Ridwan Hanif. Ruang interior mobil BMW 528i atau E39 lansiran 1997 kini asri kembali.

Sesuai permintaan Ridwan, interior sedan asal Jerman tersebut kembali segar. Terlebih, mobil tersebut sudah tergolong lawas. Sejumlah bagian mengalami peremajaan tanpa mengurangi estetika dan fungsi dengan cara Restorasi Modifikasi (Restomod).

Dalam unggahan video di kanal Youtube Vertue Concept, ubahan modifikasi langsung dijelaskan oleh Edy selaku founder bengkel spesialis interior tersebut.

Foto: Vertue Concept

Pertama-tama kondisi bangku jok telah mengalami penyesuaian dengan cara menyisipkan busa dakron. Sebab, seiring pemakaian mobil dalam jangka waktu belasan tahun kondisi bangku jok terutama busa biasanya terjadi penipisan.

“Permukaan pelapis kulit orisinal BMW masih dalam kondisi layak. Jadi kita hanya menambah  busa supaya dapat kembali nyaman dan menunjang posisi duduk yang ergonomis. Sedangkan pola jahitan kerut atau wringkle disesuaikan seperti kondisi BMW E39 dalam keadaan baru,” tutur Edy.

Proses pengerjaan restorasi interior BMW E39 Milik Ridwan Hanif | Foto: Youtube Vertue Concept

Dia mengatakan modifikasi dan restorasi di ruang interior yang proper pastinya harus memahami konsepnya. Apakah estetik atau fungsional, sedangkan jika keduanya disandingkan tentu memerlukan konsep yang matang.

“Dibalik cover seat BMW memang aslinya material busa yang bagus. Secara looks dan fungsional tentu kami kembalikan seperti kondisi awal,” terang Edy.

Foto: Vertue Concept

Setelah itu, kondisi lingkar setir kemudi sudah dilapis ulang mengikuti pola jahitan orisinal. Hasilnya, mampu menghasilkan tampilan klimis dan cengkraman nyaman ketika mengoperasikan setir.

Berlanjut ke bagian pelapis pilar, warna bawaan light grey kini berganti menjadi hitam. Konsepnya warna interior hitam mendominasi di seluruh bagian ruang interior. Seperti yang disebutkan Edy, setiap detail tidak luput dari sentuhan para pekerja Vertue Concept.

” Agar supaya tampilan interior elegan cukup hanya mengaplikasikan warna dominan dan tetap terlihat proper. Tanpa keluar dari tampilan mobil ketika baru keluar pabrik,” aku Edy.

Foto: Vertue Concept

Terakhir, langkah preventif penyebaran virus dan bakteri menyasar pada saluran pendingin udara (AC). Karena bagian satu ini dikenal lembab, serta menjadi lorong penyebaran kotoran dan pertukaran udara. Alat fogging dari Bactakleen menyemprotkan asap fogging bermaterial waterbase pada saluran interior, produk satu ini sudah mengantongi regulasi FDA Approve dari Amerika Serikat (AS).

Hasil pengerjaan Vertue Concept diakui Ridwan, sesuai dengan keinginannya. ” Pas awal liat interior mobil ini rasanya seperti baru keluar pabrik BMW. Ini membuktikan kalau hasil pengerjaan Vertue Concept mampu membangkitkan hawa nostalgia yang pastinya memuaskan,” tutup Ridwan.

Nah, sekarang interior BMW E39 yang siap diperebutkan pada gelaran Road to IMX 2021: Virtual Stage Makassar sudah nyaman kembali, plus persis seperti baru keluar pabrik.

Agi FR
Eks kontributor tunggal rubrik hiburan dan seni di salah satu Harian Umum Kota Bandung (2017-2018).

Related Articles

Stay Connected

22,069FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles