Bedah Spesifikasi Velg Work Wheels di Mobil Para Peserta Modz Battle Season 2

NMAA News – Ide awal dibalik ajang Modz Battle Season 2 bermula dari konsep modifikasi mobil dan action scene dalam waralaba film Fast and Furious. Guna membangkitkan kembali spirit modifikasi ala 2000an awal, tim National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) sebagai penyelanggara mengkonsepkan YouTube Campaign satu ini lebih menarik.

Sedikit menggali sejarah, film aksi bertema balap jalanan tersebut banyak melibatkan sejumlah mobil modifikasi. Bahkan menjadi ikon dari sejarah otomotif dunia. Berbicara soal modifikasi, pada dekade tersebut mudah dideskripsikan. Seperti racikan mesin bertenaga dahsyat, body kit agresif, grafis airbrush, lampu underglow dan velg lebar khas gaya modifikasi street racing.

Menyoal pilihan velg, para peserta mengandalkan barang aftermarket besutan Work Wheels. Tampilan agresif nan sporty juga memiliki diameter lebar tentunya sesuai dengan konsep yang dibangun. Lantas, varian Work Wheels apa saja yang dipasang di mobil JDM ikonis mereka?

Foto: motor1.com

Work Meister S1 (Ridwan Hanif)

Influencer otomotif Ridwan Hanif mendandani ulang Toyota Supra MkIV andalannya supaya lebih atraktif. Secara konsep, tidak jauh berbeda dengan Toyota Supra di film The Fast and Furious (2001).

Dari mulai menyiram ulang bodi menggunakan warna kelir candy orange, sisipan panel grafis “Nuclear Gladiator” menggunakan sticker Max Decal, juga serangkaian body kit dan spoiler belakang.

Foto: YouTube Pengepul Mobil

Tapi, Ridwan memulai gebrakan sedari awal. Sektor kaki-kaki Toyota Supra MkIV garapannya dibuat agresif mengandalkan velg Work Wheels Meister S1. Velg berjenis 3 pieces ini memiliki ukuran lingkar diameter 19×9,5 PCD 5-114.3 dan Et 31 di dua roda depan. Sedangkan dua roda belakang dijejalkan velg 19×10,5 PCD 5-114.3 dan Et 36.

“Set-up velg dan ban seperti ini bisa dibilang paling mahal selama gua modifikasi mobil, lihat saja hasilnya,” tunjuk Ridwan.

Seperti diketahui, velg 3 pieces terdiri dari tiga bagian. Dari center, lips, dan inner barrel. Pemiliknya bisa mengganti semua bagian tersebut sesuai selera modifikasinya.

Work Seeker MX (Pengepul Mobil)

Pengerjaan mobil modifikasi Mazda RX-7 garapan tim Pengepul Mobil untuk ajang Modz Battle Season 2 dirampungkan oleh Reagan seorang diri. Sembari menunggu pulihnya kondisi kesehatan Jacki, dia menjelaskan sejumlah ubahan modifikasi yang sedang berjalan.

Foto: YouTube Garasi Drift

Khusus opsi velg aftermarket, tim Pengepul mobil menjagokan velg aftermarket Work Seeker MX 18×8,5 inci PCD 5-114.3 dan Et 45 di depan. Sedangkan belakang dipilih ukuran lingkan diameter 18×9,5inci PCD 5-114.3 dan Et 38.

Velg tersebut langsung ditunjuk Jacki dan Reagan untuk dipasang di Mazda RX-7 mereka. Reagan konsep modifikasi Fast & Furious zaman itu memang ditunjang dengan pemasangan velg seperti Work Seeker MX. “Velg ini juga bagus, ada aksen rainbow di area spoke, karena memang kesan modifikasi 2000-an banget. Velg ini juga tergolong aman untuk dipakai road trip,” jelas Reagan.

Work Wheels Kiwami (Garasi Drift)

Sekuel film Fast and Furious Tokyo Drift (2006) jadi salah satu film yang begitu personal bagi Dipo ‘Garasi Drift’. Dari sinilah Dipo mulai tertarik dengan drifting dan Nissan Silvia S15.
“Gaya modifikasi Silvia S15 Mona Lisa apalagi dipasang NOS itu jadi sebuah childhood dream buat gue. Gara-gara Modz Battle season 2 ini akhirnya bisa kesampaian,” tutur Dipo.

Supaya dapat menunjang tampilan semirip S15 Mona Lisa, Dipo dan Ziko memilih model velg Work Kiwami dengan spesifikasi lingkar diameter 18×9,5 inci, PCD 5-114.3 dan Et 38.

Foto: YouTube Pengepul Mobil

“Kiwami sih enggak salah satu merek velg aftermarket terbaik, desainnya keren banget nih. Tapi, karena mobil sudah widebody perlu pasang adaptor juga,” kata Dipo.

“Kalo dilihat sekilas dipasang adaptor sekitar 4 cm atau 6 cm, ntar gua bantuin ukur,” ujar Ziko menimpali.

Khusus Silvia S15 Mona Lisa, Work Wheels Kiwami dinilai pailng merepresentasikan gaya modifikasi khas mobil dalam sekuel Tokyo Drift. Tak kalah menarik, ubahan kaki-kaki mobil drifting juga disetel khusus mengandalkan part aftermarket besutan Drift Works.

Penjualan Terlaris

Dari ketiga tipe velg tersebut, Agus Tejo dari Work Wheels Indonesia mengatakan tipe Meister S1 3P dan Emotion Kiwami merupakan lini produk terlaris. Sedangkan Seeker MX tergolong tipe terbaru di jajaran produk dihadirkan melalui importir produk aftermarket PT Arvia Pratama Tiara.

Pilihan lingkar diameter untuk ketiga velg tersebut juga bervariasi. Dapat disesuaikan dengan selera personal para penggemar Work Wheels. “Untuk tipe S1 3p tersedia mulai ukuran ring 18 inci dan 19 inci. Lalu, Emotion Kiwami tersedia di ukuran 15 inci sampai 19 inci. Sedangkan Seeker MX tersedia mulai ukuran 16 inci sampai 18 inci,” terangnya.

Adapun, ketiga velg tersebut juga tersedia dalam ukuran ring, lebar dan finishing warna bervariasi. Banderol harganya mulai dari belasan hingga ratusan juta, tergantung spesifikasinya.

Menyoal kualitas, Work Wheels hadir di sejak 1977 dan terus berinovasi seiring berkembangnya teknologi dan tren modifikasi. Selain itu, ajang motorsport juga mengandalkan lini produk Work Wheels. Sebagai informasi, lini produk Work Wheels di Indonesia juga sudah mengantongi sertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI).

Selaku importir resmi Work Wheels di Indonesia, Mega Arvia (PT Arvia Pratama Tiara) mengenal betul para penggemar velg aftermarket satu ini. Bahkan, konsumen yang ingin memesan velg secara custom juga bisa diproses.

“Nanti user bisa diskusi langsung untuk menentukan fitment yang cocok. Lanjut, kami arahkan ke dealer terdekat sebagai rujukan,”ujar Agus.

Untuk mendukung layanan purnajual, setiap kondisi velg yang mengalami masalah produksi akan diganti dengan produk baru. Sedangkan jika rusak karena pemakaian, pelayanan berlaku sesuai dengan masalah tersebut.

“Contohnya, ketika velg baru terpasang ternyata dinding velg bocor rambut, kami ganti baru. Purnajual tidak berlaku untuk kondisi velg peang karena pemakaian,”tukasnya.

Agi FR
Eks kontributor tunggal rubrik hiburan dan seni di salah satu Harian Umum Kota Bandung (2017-2018).

Related Articles

Stay Connected

22,503FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles