Kia Sonet Bergaya Alto, Andalkan Ubahan Minimalis dan Kaki-kaki Kekar

0
Foto: ZC Distromotive
- Advertisement -

NMAA News – Membuat sebuah Kia Sonet terlihat kekar ternyata bisa mengandalkan sentuhan modifikasi simpel. Selain terlihat berbeda jika bertemu dengan mobil yang sama di jalan, menambah kesan modifikasi lebih impresif.

Yup, SUV sub kompak KIA Sonet garapan rumah modifikasi ZC Distromotive ini misalnya. Guna memuaskan hasrat modifikasi pemiliknya yang senang berpetualang, ubahannya pun disesuaikan sedemikian rupa.

“Mobil ini mengusung konsep modifikasi all road. Ubahannya pun fokus menyasar kemampuan menerabas semua karakter jalan. Pemiliknya sendiri yang berkonsultasi karena memang dia menggemari mobil adventure seperti Land Rover misalnya,” ujar Zibek, punggawa ZC Distromotive yang berlokasi di Jalan Burangrang No. 43 Bandung.

Foto: ZC Distromotive

Sektor kaki-kaki masih mengandalkan sokbreker standar yaitu McPherson Strut di bagian depan dan Coupled Torsion Beam Axle di belakang. Karena dianggap cukup, alhasil hanya mengganti velg kaleng berukuran ring 15×6,5 dengan et 45. Velg tersebut sudah menempuh proses kelir ulang dan penyesuaian centre hole. Sedangkan kemampuan gripnya didasarkan ban Accelera Rally berukuran 235/65.

Komposisi velg dan ban tampil lebih kekar dan tampak presisi di dalam ruang fender | Foto: ZC Distromotive

Setelah itu, ubahan pada bagian eksterior didasarkan dari keinginan pemiliknya yang kurang menyukai ornamen krom. Sesuai karakter modifikasinya, tentu kerlap-kerlip ala krom dan warna terlalu mengkilap harus dinihilkan.

“Lalu kita lakukan prosees kelir ulang menggunakan warna hitam doff supaya dapat mempertegas tampilan modifikasi bergaya ALTO. Begitu juga panel glossy di interior dikelir ulang dengan warna senada bagian eksterior,” ucap Zibek.

Foto: ZC Distromotive

Bagian samping bodi juga disisipkan side decal besutan ZCD Custom. Stiker minimalis berwarna abu, dilengkapi nama bertuliskan Snowy.

“Sebetulnya itu nama pemberian pemilik mobil. Karena menurutnya sebagai wujud apresiasi dan lebih akrab saat sedang dikendarai,” tandasnya.

Sebagai informasi, Kia Sonet dibekali mesin Smartstream Gamma II, DOHC, Dual CVVT berkapasitas 1.497 cc. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 115 PS pada 6.300 rpm melalui transmisi Intelligent VT dan manual 6 percepatan ke dua roda depan (FWD). Sedangkan torsi maksimalnya mencapai 144 Nm pada 4.500 rpm.

Foto: ZC Distromotive

Oiya, sejumlah mobil modifikasi garapan ZC Distromotive dapat menjadi inspirasi yang bisa diwujudkan di mobil kalian #MemberNMAA. Lantaran, bermodal sentuhan modifikasi simpel dengan anggaran mumpuni sudah cukup membuat mobil proper kalian makin keren.

- Advertisement -