BMW E36 Bangkit dari Gudang, Modif Cukup Minimalis Asalkan Kaki-kaki Modis

NMAA News – Unit sedan Eropa BMW 323i (E36) menuai kesuksesan penjualan di Indonesia. Bahkan, disebut pernah menjadi ‘chick magnet’  para remaja di medio 1990an hingga 2000an. Sampai sekarang, unitnya pun masih diminati oleh car enthusiast lintas generasi. Selain disuguhkan dalam kondisi (relatif) terawat, harganya pun cukup ramah di kantong. Apalagi terbilang cocok mereka yang ingin bernostalgia atau memiliki mobil sedan sporty dari raksasa otomotif asal Jerman tersebut.

Sedikit berbeda dengan versi empat pintu, BMW E36 323i satu versi dua pintu (Coupe) asal Inggris ini kabarnya tersungkur cukup lama di gudang. Alhasil, daripada membuat kondisinya kian memburuk, supaya tambah percaya diri unitnya pun mendapat modifikasi simpel. Minimal bisa mensejajarkan diri dengan mobil lansiran terbaru.

Foto: Fastcar Magz

Salah seorang Car Enthusiast asal Inggris selaku pemilik E36 Coupe, pertama kali memfokuskan perbaikan di sektor kaki-kaki. Lantaran, unitnya sudah lama terparkir di bengkel pemilik sebelumnya. Setelah rampung, barulah mulai diberi sejumlah barang aftermarket.

Antara lain komponen air suspension bermerek AirLift Performance Airride. Pemasangan ini menghasilkan fitment fender to lips disandingkan pelek AC Schnitzer Tipe I ukuran 17 inci. Model pelek asal tuner spesialis BMW tersebut dibalut ban Hankook ukuran 215/35 R17 di bagian depan. Sedangkan bagian belakang memiliki ukuran 225/35 R17. Peranti rem ditenagai oleh kaliper E46 330Ci serta rotor ukuran 325 mm di depan dan 276 mm di belakang.

Mendukung sudut camber sesuai kebutuhan, as roda dan beberapa komponen suspensi turut dirubah. Diikuti pemasangan subframe E36 M3.

Foto: Fastcar Magz

Laiknya nuansa elegan di sederet mobil Eropa, kesan sporty juga terasa setelah dilengkapi komponen aksesori di area eksterior. Model kidney grill baru ini merupakan versi Pre-facelift dari tipe E36. Lalu dilengkapi dengan front spoiler, bumper depan M3, M Tech wheel arches, newly drawn wheel arches front, dan USDM headlights untuk sektor penerangan.

Bagian samping, pemandangan paing dominan yaitu pemasangan M3 ‘twist’ side skirts yang memiliki lekukan cukup agresif.

Di area buritan, part aftermarket tergolong banyak. Seperti bumper belakang, newly drawn wheel arches rear, Fancywide V2 rear diffuser, dan paling menarik wing belakang besutan LTW. Sekujur bodi eksterior kini sudah disiram warna cat dari nomor katalog Alpine White.

Kondisi ruang interior mendapat penyegaran ulang dilengkapi part aftermarket. Terlihat dua buah jok kemudi model M3 dan roda kemudi sport bowl Nardi. Dasbor tengah kini membrikan tempat khusus untuk perangkat kontrol airsus. Sedangkan kompressor berada tepat di bagasi belakang tanpa mengurangi kapasitas kompartemen untuk memuat barang bawaan.

Foto: Fastcar Magz

Sektor jantung mekanis masih dihuni sesuai nomenklatur pabrikan, yaitu mesin berkode R6 berkapasitas 2,5 liter. Mengoptimalkan kinerja mesin tersebut, beberapa part mesti diganti. Antara lain injektor bawaan 328i, manifold M50, setel ulang kontrol traksi ASC dan penyempurnaan lain.

Paling radikal, ubahan sektor mesin terletak pada konversi transmisi dari otomatis ke model transmisi manual 5 percepatan. Sebagai perantara pengalir tenaga dari mesin ke dua roda belakang (RWD), dipasangi juga perangkat Switch built-in.

Foto: Fastcar Magz

Meski belum pernah diuji di mesin dyno, tenaganya diprediksi mampu mencapai 200 hp dan torsi sekitar 260 Nm.

Sayangnya, kami tidak memiliki informasi tentang data kinerja yang tepat, tetapi kami cukup yakin bahwa beberapa kuda di atas 200 hp melompat keluar daripada output standar 170 hp. Torsi, yang standar pada 245 Newton meter, seharusnya sedikit meningkat dan berada di kisaran 260 hingga 280 Nm.

Spesifikasi modifikasi:

Eksterior: Pre-facelift kidney grille, front spoiler, M3 front and rear bumpers, M Tech wheel arches, M3 “twist” side skirts, USDM headlights, front license plate holder removed, newly drawn wheel arches front and rear, Fancywide V2 rear diffuser, LTW rear wing

Interior:
Wood paneling in the trunk, modified headliner, alpine white compressor for air suspension, Nardi Deep Corn steering wheel with matching gear knob, M3 seats from Vader

Mesin:
Conversion to five-speed manual gearbox, modified differential, centrally mounted exhaust, Scorpion M3 2,5 ″ tailpipe

Related Articles

Stay Connected

22,587FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles