Diluncurkan Hari Ini, Berikut Indikasi Honda N7X Concept Bakal Menggantikan BR-V

NMAA News – Hanya beberapa jam lagi, model terbaru SUV Honda bakal mengaspal di Tanah Air, Selasa (21/9/2021). SUV terbaru ini digadang banyak pihak sebagai calon kuat pengganti posisi Honda BR-V yang memang secara model sudah waktunya berganti rupa secara komprehensif. Kehadiran mobil konsep Honda N7X turut memperkuat dugaan tersebut.

Sejak pemunculan perdana secara world premiere pada 3 Mei 2021 lalu, keberadaan mobil konsep Honda N7X langsung menuai respon dan antusiasme tinggi dari peminat dan konsumen Honda. Kehadiran sosok yang memadukan ketangguhan ala SUV dengan kenyamanan serta kelapangan khas MPV tersebut, sontak dikaitkan penampilan terbaru Honda BR-V.

Baca juga: Tinggal Hitungan Jam, Honda Indonesia Segera Meluncurkan SUV Terbarunya

Lantas, mengapa dugaan banyak orang langsung menjurus pada Small-SUV Honda ini? Langkah PT HPM mengeluarkan mobil konsep di masa pandemi, jelas dinilai berani dan dianggap mampu menuntaskan dahaga konsumen Honda. Dalam berbagai obrolan di media sosial hingga pemberitaan media umum, mereka memang merindukan kehadiran jenis Small SUV Honda yang lama tidak mengalami langkah pembaruan.

Honda BR-V

Di pasar SUV Tanah Air, segmen Small-SUV atau Low-SUV yang diisi konsumen entry-level, diisi Honda dengan model BR-V. Sejak awal pengembangannya, Honda BR-V mengusung platform sama dengan Honda Mobilio. Mari kita coba runut dan cek satu persatu beberapa hal menjurus kalau konsep Honda N7X ini sebagai penampilan kekinian dan paling modern dari Honda BR-V.

Sejak awal pemunculan perdananya di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 pada 20 Agustus 2015, dan mulai dipasarkan 23 Januari 2016, Honda BR-V  hanya beberapa kali menjalani proses facelift -baik secara eksterior maupun kelengkapan fitur interior-, belum mengalami proses perubahan atau penyegaran model yang signifikan.

Baca juga: Honda N7X Concept Diperkenalkan, Siap Panaskan Segmen SUV 7 Penumpang

Tak heran, kalau publik yang antusias pada kehadiran sosok terbaru Small SUV Honda, langsung menyambut kehadiran konsep SUV Honda N7X ini dengan begitu luar biasa responnya. Terlebih lagi, mobil konsep SUV Honda ini dirancang memiliki jumlah kapasitas tempat duduk selaras kapasitas jok Honda BR-V, yakni dipolakan untuk 7 penumpang.

Sempat muncul dugaan kalau konsep terbaru ini merupakan SUV pengembangan dari varian HR-V dan Vezel. Namun hal ini tertepis dengan sendirinya mengingat masa produksi HR-V masih lama dengan modelnya sekarang, plus Honda Vezel yang muncul di Jepang tidak mengusung format 7-seater, dengan harga tentunya jauh lebih mahal.

Honda N7X Concept, foto: dok.HPM

Pada kesempatan jumpa pers virtual di peluncuran global perdana Concept N7X tersebut,  Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM), Yusak Billy juga menyebutkan, desain dan rancang bangun mobil N7X Concept merupakan pengembangan secara otentik dari kebutuhan dan karakter konsumen Indonesia.

Selain itu, pengembangan N7X juga mengacu hasil pengembangan model kendaraan penumpang Honda yang sudah dipasarkan di Indonesia sebelumnya. “Baik secara fungsi, model, fitur, performa, hingga pola pengendaraan yang diinginkan konsumen Indonesia. N7X berangkat dari detail masukan model sebelumnya dan yang tidak ditemui pada model merek lain,” imbuh Billy.

Billy juga menambahkan saat virtual press conference tersebut, N7X merupakan mobil konsep yang peruntukannya bisa dipakai dalam berbagai kondisi medan jalan dan sanggup menemani keluarga yang aktif berpetualang dan kegiatan sehari-hari. “Sehingga paduan SUV-MPV menjadi model paling tepat untuk tren mobil keluarga saat ini,” imbuhnya.

Honda N7X saat berpameran di sebuah mall dalam rangka road show perkenalan dirinya, foto: dok HPM

Indikasi lain yang mengisyaratkan kalau N7X bakal mengganti posisi BR-V, yakni dengan masuknya pendaftaran Honda BR-V di laman samsat-pkb.jakarta.go.id. Pada laman tersebut, selain varian BR-V model lama, ada disebutkan Honda BR-V dengan kode GD3. Pada model lama BR-V di situs tersebut, nama Honda BRV1.5 diikuti jenis variannya.

Sedangkan di bagian bawah lis model lamanya, terdapat lis varian baru berlabel ‘HONDABRVDG315L’. Memang seperti diketahui bersama, Honda BR-V generasi pertama memiliki kode bodi DG1. Nomenklatur ‘DG3’ menjadi bukti kuat bahwa model tersebut bakal menjadi generasi terbaru BR-V yang segera dipasarkan.

Baca juga: Honda N7X Versi Produksi Akan Tampil Perdana di Pameran Satu Ini

Adanya nomenklatur berkode ‘HONDABRVDG315L’ inilah yang akhirnya mengembangkan opini di masyarakat dalam merujuk versi produksi massal yang akan dilakukan Honda di Indonesia. Dengan gencarnya sosialisasi model konsep berbasis N7X di berbagai kota besar di Tanah Air, publikpun makin yakin akan kehadiran All-new BR-V.

Dalam data data pendaftaran NJKB di laman Samsat tersebut, juga terlihat BR-V generasi terbaru ini bakal memiliki varian mirip versi sekarang. Adapun BRV DG3 tercantum dibekali 3 varian yakni S/MT, E/MT, dan E/CVT. Sedangkan harga dasar NJKB mulai Rp180-198 juta. Artinya, prediksi harga BR-V terbaru dengan nilai pajak melekat, akan dilepas di rentang harga Rp 200-an juta hingga di bawah Rp300 juta.

 

 

Octo Budhiartohttp://nmaa.co.id
Berkecimpung di industri media otomotif nasional sejak September 1994. Telah menulis puluhan ribu artikel tentang fenomena dan tren dunia otomotif nasional maupun internasional. Aktif di berbagai komunitas otomotif dan punya kesukaan akan restorasi, modifikasi, teknologi, serta test drive mobil-motor terbaru.

Related Articles

Stay Connected

22,587FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles