Modifikasi Mesin NA Stage 2, Setelan Pas Buat Mobil Balap Pemula

- Advertisement -

NMAA News – Memasuki tahap modifikasi mesin kedua atau Stage 2 di mobil NA (Naturally Aspirate), dikhususkan untuk mobil balap amatir. Misalnya mulai menjajal Track Day atau kompetisi balap pemula. Ubahannya mulai menjamah sejumlah basis mesin. Kita akan menemui ubahan yang berhubungan dengan proses bubut.

Mulai dari mengganti per klep internal retainer atau mengganti per klep berbahan titanium. Klep sendiri merupakan salah satu part mesin dengan harga yang cukup tinggi, selain dibuat dari satu bongkahan titanium casting melalui beberapa tahap.

Foto: titaniumvalve.com

Tahap ini juga mulai menjamah teknik porting and polish (PnP), atau menghaluskan jalur masuk dan keluar bahan bakar. Khusus untuk Porting ditempuh dengan pemanfaatan volumetric efisiensi mesin, dianggap sebagai langkah ekstrem memperoleh tenaga mesin secara signifikan.

Langkah optimalisasi dengan jalan PnP ini bukan mustahil pula bakal memberikan keuntungan dari konsumsi bahan bakar yang makin efisien. Ini akibat penyempurnaan konstruksi mesin terutama dari bagian head, dengan cara merapikan struktur metal mesin. Biasanya intake dan exhaust yang dihaluskan lubangnya. Jika perlu bentuk ulang jalur masuknya (angin dan bensin) di intake, dan papas head.

Tahap ini bisa meningkatkan tenaga lebih signifikan bersifat mekanis. Sekitar 40% dari tenaga bawaan. Patokannya pada suplai udara masuk ke head stock lebih banyak. Kalau langkah PnP benar, power band di setiap gigi jadi bertambah lebar/napas mesin lebih panjang.

Related Articles

Stay Connected

22,935FansLike
0FollowersFollow
3,124FollowersFollow
- Advertisement -

Latest Articles