Begini Cara Ganti Minyak Rem Secara Mandiri di Rumah

0
Foto: cloudfront.net
- Advertisement -

NMAA News – Perawatan secara berkala pemilik mobil tentunya menjadi kewajiban jika menginginkan performa terbaik supaya tetap nyaman. Apalagi saat dipakai harian. Salah satu kebutuhan yang mesti dipenuhi yaitu minyak rem.

Cara paling mudah mengganti minyak rem pastinya dilakukan oleh jasa mekanik bengkel. Tapi kalau tidak sempat ke bengkel, penggantian minyak rem bisa dilakukan dari rumah. Lewat halaman tips Auto2000 langkah-langkah mengganti minyak rem ini dijelaskan dengan rinci namun mudah dimengerti.

Pertama pastikan mobil ditempatkan di area yang aman dan permukaan rata. Hal ini supaya proses pengisian minyak rem tidak mengalami kesulitan lain. Jika sudah mulai pasang dongkrak mobil dan kendorkan baut ban. Tempatkan ban di bawah kolong mobil dan simpan bautnya di tempat aman agar tidak tercecer.

Setelah itu cari dan buka reservoir penampung minyak rem yang terletak di booster rem. Lalu anda bisa memasukkan kunci ring dan selang ke nepel brake yang ada di kaliper rem. Kemudian hubungkan dengan penadah yang ada di bawahnya. Putar nepel brake dengan kunci ring. Nanti minyak rem akan keluar.

Foto: Autochimps

Supaya pengurasan minyak lebih cepat, injak pedal rem beberapa kali. Perhatikan juga jumlah minyak rem di plastik dan jangan sampai minyak rem yang ada di dalam reservoir habis. Sebab kalau kering udara ada kemungkinan ada udara masuk ke sistem pengereman.

Selanjutnya anda bisa menambahkan minyak rem ke dalam reservoir. Supaya lancar dan cepat lakukan juga proses penginjakan pedal rem. Perhatikan warna minyak rem yang ada di dalam selang. Jika sudah berwarna cerah atau terlihat bening, berarti minyak rem telah terganti dengan yang baru.

Apabila sudah, anda bisa menutup dan memasang kembali ban. Jangan lupa tutup dulu nepel brake menggunakan kunci ring yang masih menempel. Setelah itu anda bisa memasang semua ban dan mengencangkan bautnya.

- Advertisement -