Pahami 8 Tips Penting Merawat Mobil Saat Cuaca Ekstrem

- Advertisement -

NMAA News – Saat ini sebagian besar wilayah Indonesia sudah memasuki musim kemarau, tetapi sebagian wilayah lainnya justru masih waspada terhadap curah hujan intensitas sedang hingga lebat.

Berdasarkan hasil monitoring Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), 85 persen wilayah Indonesia telah memasuki musim kemarau pada akhir Agustus 2021 ini. Namun demikian, masih ada atau beberapa wilayah justru sudah mengalami musim hujan.

Karena memasuki masa peralihan dari musim kemarau ke musim hujan, terkadang beberapa komponen mobil juga bisa terimbas dari kondisi cuaca tertentu. Oleh karena itu, para pemilik mobil harus melakukan perawatan dan memerhatikan kondisi mobilnya. Dikutip dari berbagai sumber Kamis, 26 Agustus 2021 ada 8 tips ringan dalam menjaga kondisi mobil tetap prima yang bisa dilakukan secara mandiri :

Aki dan Kabel Kelistrikan

Musim penghujan membuat komponen ini bekerja lebih keras dan cukup berat mengingat suhu yang lumayan dingin serta udara yang cukup lembab.

Sempatkan untuk memeriksa Aki, busi dan kabel kelistrikan. Bila kondisi kabel sudah banyak yang mengelupas dan cukup getas, maka gantilah yang baru. Begitu pula dengan busi, pemantik api pada ruang bakar tersebut harus memercikkan api dengan baik.

Tekanan Ban

Musim penghujan menimbulkan suhu yang cukup dingin sehingga berpengaruh pada tekanan ban. Dalam kondisi suhu yang cukup dingin tekanan ban dapat menurun.

Periksa tekanan tiap ban dan sesuaikan dengan tekanan yang direkomendasikan pada buku panduan.

Suspensi dan Putaran Roda

Musim penghujan dapat menimbulkan jalanan bergelombang dan berlubang. Terkadang jalanan juga menjadi agak berlumpur.

Kondisi jalan yang buruk tersebut dapat mengganggu kenyamanan mengemudi dan dikhawatirkan turut menurunkan performa suspensi.

Periksa komponen suspensi agar tetap bekerja dengan baik dengan meredam benturan dengan lembut dan nyaman.

Foto: Freepik

Belt dan Selang

Udara dingin dan panas yang tidak menentu dapat mempengaruhi kondisi komponen belt dan selang yang terbuat dari karet.

Periksalah bagian-bagian belt dan selang pada mesin apakah muncul retak, aus, benjol atau rapuh. Bila muncul gejala tersebut maka sebaiknya segera ganti.

Namun, bila tidak ada kerusakan, komponen ini biasanya diganti secara rutin tiap lima tahun.

Level Cairan

Hal yang cukup penting pada kendaraan adalah kinerja sebuah cairan pendukung. pastikan kondisi tiap cairan pada mobil berada pada kondisi level yang dianjurkan pada tabung reservoir.

Filter Udara

Komponen filter udara sangat berpengaruh pada kinerja mesin. Bila filter udara kotor, maka segeralah bersihkan agar pasokan udara ke mesin tidak terhambat kotoran.

Rem

Sebagai penghenti laju kendaraan, komponen rem menjadi sangat vital pada sebuah kendaraan. Setelah musim hujan biasanya kinerja rem sering terganggu karena terkena air dan kotoran.

Periksa tiap-tiap bagian rem seperti brake pad, selang dan minyak rem termasuk rem parkir agar tetap bekerja secara optimal.

Wiper

Foto: Freepik

Komponen pembersih kaca ini terkadang kondisinya kurang diperhatikan oleh pemilik mobil padahal memiliki fungsi yang cukup vital.

Bila cara wiper menyeka mulai tidak bersih dan karet pada wiper sudah aus, maka segera ganti lapisan karet pembersih kaca tersebut dengan yang baru.

Dengan kondisi mobil yang prima maka perjalanan tetap lancar dan aman tidak muncul gangguan dari kerusakan kendaraan.

Related Articles

Stay Connected

22,935FansSuka
0PengikutMengikuti
3,378PengikutMengikuti
- Advertisement -

Latest Articles