NMAA News – Dalam keadaan ekonomi penuh tantangan semenjak pandemi Covid-19, BMW Group Indonesia masih berpegang teguh dan sekali lagi tegaskan posisinya sebagai pionir elektrifikasi di pasar otomotif Indonesia.
Dengan tema Year of Electromobility pada tahun 2022, BMW Group Indonesia tidak hanya berhasil meluncurkan tiga model kendaraan full listrik BMW iX, BMW i4, dan MINI Electric – tetapi juga buktikan performanya dengan hasil penjualan yang baik.
Tema besar Year of Electromobility juga diaplikasikan pada ajang otomotif tahunan terbesar, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di mana BMW meluncurkan kendaraan elektriknya dan membawa tema JOY is Electric.
Bagi BMW Indonesia, kendaraan inovatif adalah jawaban terbaik periode penuh tantangan, rangkaian kendaraan yang relevan memberikan stabilitas serta menciptakan prospek pertumbuhan di masa depan.
“BMW Group Indonesia selain menjual rangkaian kendaraan andalannya seperti BMW Seri 3 dan rangkaian kendaraan BMW X, juga fokus meluncurkan rangkaian kendaraan elektrik terbaru BMW dan MINI tahun ini. Kami yakin kendaraan inovatif ini akan menjadi tolok ukur baru segmen kendaraan listrik premium,” jelas Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia.
Ditambahkan Ramesh, melihat respon luar biasa terhadap varian kendaraan full listrik BMW dan MINI, tahun depan pihaknya akan luncurkan kendaraan listrik paling mewah BMW yaitu BMW i7. Pasalnya, BMW memimpin segmen kendaraan mewah ke era baru yang akan dibentuk inovasi di bidang keberlanjutan dan digitalisasi.
“Dengan BMW i7, produsen kendaraan premium paling sukses di dunia menciptakan cara berwawasan ke depan untuk menikmati kenikmatan berkendara, kenyamanan jarak jauh yang tak tertandingi, dan pengalaman digital paling inovatif,” tambah Ramesh.
Pada ajang otomotif terbesar tahunan, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, BMW Indonesia cetak rekor baru dengan total 1,213 surat pemesanan kendaraan dari 1,103 unit BMW dan 110 unit MINI.
Angka luar biasa ini didukung BMW i – sub-brand untuk kendaraan listrik BMW – berhasil menjadi model paling favorit dan MINI Electric dengan total keduanya lebih dari 25%.
Untuk MINI dengan total 110 unit, didominasi MINI 3-Door. Di antaranya termasuk MINI Electric dengan total 61 unit, diikuti MINI Countryman rakitan Indonesia dengan 38 unit, dan total 11 unit untuk MINI Cabrio dan MINI Clubman.
Di tahun ini secara total BMW Group Indonesia berhasil luncurkan total 26 model kendaraan, dengan jumlah 20 model BMW dan 6 model MINI. Adapun perinciannya sebagai berikut:
- BMW 218i Gran Coupé Sport.
- BMW X3 sDrive20i xLine.
- BMW X3 xDrive30i M Sport
- BMW 320i Sport.
- BMW X3M Competition
- BMW X4M Competition
- BMW 530i Touring M Sport
- BMW X4 xDrive30i M Sport
- BMW iX xDrive40 Sport
- BMW i4 eDrive40 M Sport
- BMW 220i Coupé M Sport
- BMW Z4 sDrive30i M Sport
- BMW Z4 M40i
- BMW 840i Coupé M Sport Pro
- BMW 840i Gran Coupé M Sport Pro
- BMW 840i Special Edition JEFF KOONS
- BMW M4 Edition 50 Jahre
- BMW 320i M Sport
- BMW 330i M Sport Pro
- BMW M4 CSL
Rangkaian kendaraan MINI:
- MINI Electric
- MINI 3-Door Resolute Edition
- MINI 5-Door Resolute Edition
- MINI Cabrio Resolute Edition
- MINI Electric Resolute Edition
- MINI Clubman Untold Edition
Tidak hanya produk terbaru, BMW Group Indonesia juga hadirkan berbagai program finansial premium yang dihadirkan pada saat Auto Show serta BMW Exhibition, mulai dari peluncuran program BMW Bliss serta peluncuran kartu kredit khusus BMW dan MINI hasil kerjasama dengan Maybank.
Ramesh Divyanathan, Presiden Direktur BMW Group Indonesia, mengatakan, BMW Group Indonesia bangga dapat mencapai rekor baru dalam hal penjualan year to date November yaitu 3.396 unit (BMW: 2.720 dan MINI: 676).
Angka ini meningkat 23% dibandingkan angka penjualan year to date November tahun sebelumnya yaitu 2.771 unit (BMW: 2.131 dan MINI: 640). Pencapaian ini membuktikan, industri otomotif khususnya premium telah kembali ke kurva dan mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia.
“Terima kasih seluruh pemangku kepentingan mulai karyawan BMW Group Indonesia, seluruh diler BMW dan MINI, pelanggan, penggemar dan tentunya rekan media yang berkontribusi menyukseskan perjalanan BMW Group di 2022 ini. Sampai jumpa di 2023, BMW Group Indonesia akan terus menghadirkan brand premium terbaik dan pengalaman pelanggan terbaik di industri,” pungkas Ramesh.