Pahami Pentingnya 5 Etika Saat Berkunjung ke Pameran Modifikasi Otomotif

0
- Advertisement -

NMAA News – Animo gelaran OLX Autos IMX 2023 ‘Semarang Car Meetup’ terbilang tinggi untuk skala event lokal yang digelar di Kelenteng Wisata Sam Poo Kong, Kota Semarang pada Sabtu 20 Mei 2023.

Acara ini sukses mendatangkan sebanyak ratusan mobil modifikasi dan mencatatkan angka pengunjung mencapai 6.000 orang. Pemilihan tempat bersejarah sebagai ikon Kota Semarang jadi salah satu pertimbangan OLX Autos IMX 2023 menggelar acara di pusat Kota Semarang.

Apalagi, pameran modifikasi sering dipilih sebagai destinasi wisata seru di akhir pekan. Bukan hanya kalangan muda, bahkan orang tua dan anak-anak dapat melihat objek pameran dari dekat.

Tetapi, sayangnya masih banyak oknum pengunjung yang tidak tertib datang ke pameran. Penyelenggara sudah menyiapkan 10 aparat keamanan di lokasi, mengingatkan para audiens untuk tidak serampangan menjamah bagian mobil modifikasi, dan beberapa pengunjung belum mengindahkan jika mobil pameran tentu dipersiapkan oleh pemiliknya agar siap tampil all out!

Oleh karena itu, sebelum berkunjung ke pameran, pastikan dulu memerhatikan etika dan aturan. Sehingga tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Etika ini berlaku untuk siapa pun. Semisal tidak memegang objek pameran, melakukan swafoto di depan objek pameran hingga tersenggol atau justru berani melewati batas yang ditentukan oleh penyelenggara pameran.

Jangan Memegang Mobil

Cara menikmati pameran modifikasi yang paling baik adalah dengan melihat, tanpa memegangnya. Tidak jauh berbeda dengan karya seni, mobil modifikasi bisa saja rentan dengan sentuhan terutama bagian eksterior seperti cat, velg dan body kit.

Jika tersenggol, bukan tidak mungkin justru merusaknya.
Karena itu, lebih baik sebagai pengunjung tidak memegang mobil modifikasi yang berjejer saat dipamerkan.

Foto: NMAA

Utamanya, jangan sampai melebihi garis atau tali pembatas. Apalagi mencoba membuka pintu hingga masuk ke bagian interior mobil.

Kamu diperkenankan menyentuh jika diperbolehkan atau sudah izin terlebih dulu dengan pemilik mobil. Tidak sedikit konsep pameran interaktif mengajak pengunjung ikut serta.

Swafoto Terlalu Dekat

Pameran modifikasi biasanya jadi incaran pengunjung untuk mengabadikan momen. Tapi, berbeda dengan objek swafoto ya? Karena melakukan swafoto terlalu dekat bisa menyenggol, merusak atau membuat mobil baret.

Kondisi ini tentu mengharuskan kamu memperhatikan juga anak-anak saat diajak ke pameran. Beri edukasi positif bagaimana melihat objek pameran dari dekat.

Foto: NMAA

Jika ingin berfoto, usahakan tidak terlalu dekat atau tidak bersentuhan dengannya. Hal ini tergolong penting saat mengunjungi pameran modifikasi.

Lokasi ruang publik juga membuat pameran modifikasi banyak dibidik para fotografer, wartawan dan khalayak luas. Jadi, berilah ruang kepada pengunjung lain untuk sama-sama mendokumentasikan objek pameran sesuai kebutuhan.

Membawa Tas Terlalu Besar

Biasanya pameran modifikasi berkonsep santai untuk menciptakan suasana tenang ketika pengunjung melihat karya seni yang ditampilkan.

Karena itu, kamu tidak perlu membawa tas terlalu besar, sehingga terlihat sesak dan berisiko.

Foto: NMAA

Salah satu risiko membawa tas besar adalah menyenggol bagian mobil tertentu yang berpotensi merusak. Tas terlalu besar juga bisa menutupi pandangan pengunjung melihat sebuah karya seni.

Pengunjung diperkenankan membawa tas berukuran kecil, sehingga tidak berisiko dan menutupi pandangan orang lain terhadap suatu karya seni.

Jangan Buang Sampah Sembarangan

Pada beberapa pameran, para pengunjung diperbolehkan membawa makanan dan minuman dari luar untuk dikonsumsi. Tapi, perhatikan lagi kondisi ketika tidak ditemukan tempat sampah. Baiknya, simpan dulu kemasan, botol makanan atau sampah di saku maupun tas.

Jungjung Tinggi Rasa Saling Menghargai

Foto: NMAA

Selama ajang pameran menghadirkan beragam gaya modifikasi berbeda. Hal ini menandakan kreasi tanpa batas dari para modifikator terhadap mobilnya.

Jangan meremehkan sebuah hasil dari kerja keras pada modifikator. Jika menurut pendapat kamu karyanya tidak sesuai dengan selera, usahakan jangan sampai terdengar pemiliknya.

- Advertisement -