Mazda RX-7 FD3S Berubah Drastis Jadi Mobil Konsep Besutan RE Amemiya

0
Foto: Web Option/RE Amemiya
- Advertisement -

NMAA Proper Modz – Sportcar legendaris Mazda RX-7 FD3S meluncur dengan tampilan bodi aerodinamis dan bodi coupe 2 pintu. Di mata tuner spesialis mesin rotary RE Amemiya, Mazda RX-7 menjadi wadah berkreasi tanpa henti.

Sudah banyak karya RE Aemiya berbasis Mazda RX-7 yang menjajal sejumlah kontes modifikasi maupun ajang balap. Mendorong perusahaan tuning legendaris ini terus bereksperimen melahirkan inovasi baru.

Salah satunya mobil konsep bernama Genki 7 yang pertama kali muncul di pameran Tokyo Auto Salon 2009. Mobil konsep tersebut, memadukan karakter RE Amemiya dan improvement modern dari tangan dingin sang founder, Isami Amemiya.

Foto: RE Amemiya/Web Option

Ubahan paling mencolok, terlihat dari tampilan ubahan radikal di bagian eksterior. Fascia depan sudah diracik ulang dengan menjejali dua buah lampu utama mirip kepunyaan Lotus Elise.

Sedangkan bagian bumper tergolong agresif dengan mengekspos lubang intake dan air dam ukuran besar. Tentunya, ubahan ini mengubah overhang atau bagian mobil yang diukur dari jarak sumbu roda dengan ujung bumper depan dan belakang mobil.

Bergeser ke samping, sektor roda tertutup oleh spat aero atau dop mengikuti ukuran keempat roda diikuti overfender besar. Berikutnya, sektor buritan bertambah gagah setelah menerima bumper baru, diffuser dan wing ukuran jumbo berbahan serat karbon.

Semua bagian eksterior ditutup sempurna oleh warna biru pastel, membuat mobil ini mudah dikenali dari kejauhan.

Menariknya, siluet bodi berkonsep dinamis dan edgy tampak senada dengan tampilan roda tersebut yang berlanjut sampai ke bagian belakang.  Secara total, dimensi FD3S memiliki panjang 4294 mm dan 1976mm.

Selama proses pengerjaannya, Amemiya-san rela menghabiskan banyak waktu hanya untuk merancang desain Genki 7.

Foto: Web Option/RE Amemiya

Obsesi Amemiya-san tidak hanya menyasar pembaruan total pada tampilan. Mesin bawaan Mazda RX-7 FD3S juga tak luput dari racikan modifikasi untuk membuat kinerja tenaga melonjak tajam.

Mesin bawaan 13B-REW twin-turbo berkapasitas 1308 cc hanya mengatur ulang apex seal. Part yang bertugas menyekat kompresi dan pembakaran di setiap sisi rotor dioptimalisasi ulang untuk mengimbangi performa turbo tunggal.

Turbocharger bawaannya ditanggalkan untuk diganti merek Trust TD07S-25G diikuti pemasangan housing EX ukuran 21 cm, waste gate Trust Type Cm housing berbahan anti karat dan isolator.

Untuk sektor pendinginan, mesin tersebut didukung oleh intercooler 3 ply dan radiator alumunium.

Dilanjut sektor gas buang yang sudah dipasangi katalis pada knalpot asli Mazda Rx-7. Menurut klaim, RE Amemiya tenaga mesin RX-7 FD3S didukung part turbocharger ini mampu hasilkan 460 ps.

Foto: Web Option/RE Amemiya

Menurut pengujian terakhir, build pertama Genki 7 pernah diuji langsung menuntaskan satu putaran sirkuit Tsukuba dengan catatan waktu 56,862 detik pada 2002 lalu.

Melirik ke sektor kaki-kaki, agar stabilitas suspensi nyaman dan manuver stabil suspensi coilover menggantikan versi standar RX-7. Ditambah pemasangan per suspensi Swift (F16kg/mm ​​R18kg/mm), dan custom artm untuk mendukung pergerakan kaki-kaki lebih rigid dan dinamis.

Dibalik dop, sektor roda sudah ditunjang oleh satu set velg Enkei ukuran 17 inci berbalut ban Advan Neova AD08 (F235/35-19 R265/30-19). Racikan sektor roda menyembunyikan kaliper 4 pot ORC.

Foto: RE Amemiya/Web Option

Suasana berbeda muncul di ruang interior, kesan sporty diperkuat dengan dominasi warna cat biru dilengkapi sederet part audio.

Pada kokpit kemudi, pengendara dimanjakan dengan panel fungsional seperti, setir kemudi Nardi, boost gauge 52φ, Defilink BF meter (temperatur air, temperatur oli, tekanan oli) serta display indikator Air flow ratio (AFR) Profec e-01.

Foto: RE Amemiya/Web Option

Kenyamanan ruang kabin, ditunjang oleh pemilihan kursi Romax VIOS III BRIDE berkelir warna biru yang tampak senada.

Dari kabar terakhir, rencananya Genki 7 akan dijual ke publik meski belum diketahui apakah akan menempuh jalur pelelangan atau secara langsung. Yang jelas, Genki 7 menjadi salah satu tonggak sejarah RE Amemiya membawa elemen modifikasi khas kultur modifikasi Jepang berpadu gaya modifikasi modern.

- Advertisement -