NMAA News Flash – Akhirnya Toyota GR Yaris mendapat penyegaran (facelift) di Jepang dalam gelaran Tokyo Auto Salon (TAS 2024).
Bukan hanya menyasar visual, tetapi performa juga ikut terdongkrak.
Berbagai pembaruan di GR Yaris merupakan masukan langsung dari para pebalap, pengguna dan Ketua Toyota Motor Corporation, Akio Toyoda.

Menurut rilis Toyota Gazoo Racing, GR Yaris facelift kini mendapat opsi transmisi otomatis Racing Direct dilengkapi 8 percepatan yang sudah diuji secara intens oleh TGR World Rally Team.
Versi transmisi otomatis GR Yaris agak berbeda dari biasanya. Karena, memiliki rasio perpindahan gigi lebih singkat atau close-ratio, dilengkapi fitur perpindahan gigi sesuai karakter pengemudi dalam mengatur pedal gas dan rem.
Limpahan tenaga dari mesin dilanjutkan oleh limited slip differential Torsen.
Di ruang kemudi, GR Yaris menghadirkan layout drive-oriented yang memfokuskan pada kenyaman pengendara.
Terlihat dari kemiringan ruang kabin sekitar 15 derajat agar lebih terfokus ke arah pengemudi sekaligus memberi visibilitas lebih baik.
Mengimbangi ubahan tersebut, posisi berkendara dikonsep lebih rendah sekitar 25 mm.

Karakter berkendara laiknya mobil balap disuguhkan lewat sejumlah fitur penting.
Misalnya mode berkendara Sport, Normal, dan Eco, dan Mode Sirkuit sebagai pelengkapnya. Khusus mode sirkuit, terdapat anti-lag dan limiter kecepatan.
Untuk sektor tenaga, GR Yaris mengusung mesin 1,6 liter turbo dengan kemampuan hasilkan sekitar 307 ps dari sebelumnya, 272 ps dan torsi 400 Nm dari asalnya 370 Nm.

Model penyegaran punya visual lebih sporty, terutama pada desain grill jaring berbahan baja tipis. Kisi-kisi grill juga diperlebar agar bisa melepas panas lebih baik, selain memiliki ventilasi pelepas panas dari sub-radiator.
Menariknya, lampu stop-mount di GR Yaris sporty sekarang terpisah dari spoiler belakang.