Bosan Dengan Bahan Kulit? Workshop Spesialis Interior Bahan Fabric Ini Bisa Kasih Solusi

0
Interior Honda Brio pakai motif tartan
- Advertisement -

NMAA News – Bengkel spesialis interior mobil ini beda dari yang lain.

Kalau kebanyakan workshop interior lain yang menawarkan bahan kulit atau kulit sintetis, workshop bernama Java Seat menawarkan jasa melapisi interior menggunakan berbagai motif bahan fabric (kain).

Stefaan, sang owner Java Seat mengaku awalnya melihat peluang banyaknya mobil-mobil keluaran 20-30 tahun lalu yang ingin merestorasi interiornya.

“Fokus dengan bahan kain (fabric) mulai tahun 2015, kami berburu bahan kain untuk mobil-mobil seperti BMW E36, Corolla DX hingga yang lagi favorit adalah Suzuki Katana,” terangnya.

Java Seat, workshop interior mobil spesialis bahan fabric

Sambil berburu bahan dan belajar mengenai jenis-jenis bahan kain pelapis interior, “Ternyata banyak juga mobil tahun muda yang bosan dengan bahan jok kulit atau kulit sintetis, dan ingin menggunakan bahan kain fabric,” kekeh Stefaan, yang bikin tagar #balikkefabric.

Bicara soal motif bahan, Stefaan mengaku punya beragam dengan jenis bahan OEM dan aftermarket.

“Yang OEM beberapa diantaranya adalah bahan fabric CR-V gen 1, CR-V gen 2, Suzuki Katana 1995-2000 dan Katana 2005-2006,” terangnya.

Suzuki Katana retrim bahan fabric

Sedangkan untuk bahan kain aftermarket juga ditawarkan Java Seat, “Motifnya banyak, kalau mau yang sporty kita pilihkan yang punya corak merah, untuk yang retro bisa pakai kotak-kotak atau yang warnanya nabrak sekalian, atau yang suka tampilan clean bisa hitam polos, abu-abu atau merah-merah,” jelas pria ramah ini.

Soal aplikasinya, Stefaan mengaku mulai banyak mobil-mobil keluaran muda yang ingin mengganti bahan interiornya, “Kemarin sempat dapat Avanza, Honda Brio, Honda Freed yang ganti beragam motif,” katanya lagi.

Suzuki Every ganti bahan fabric

Untuk harga estimasi, “Bahan dan jasa pemasangan mulai dari Rp 4,5 juta, contohnya jok dan door trim BMW E36. Kalau mobil tua biasanya di atas harga itu karena yang dikerjakan lebih banyak lagi seperti penggantian hard board, rangka patah, baut hilang dan lainnya,” jelas Stefaan.

Disebut kalau ongkos segitu termasuk bahan dan pengerjaan untuk jok dan door trim, serta merapikan ulang rangka dan busa serta servis kecil-kecil.

Interior Toyota Corolla ganti bahan fabric

Untuk durasi pengerjaan disebut tergantung jenis mobil dan tingkat kesulitan.

Untuk penggantian jok Honda Brio sekitar 3 hari, “tambah 1-2 hari kalau ganti karpet dan plafon, beda lagi kalau BMW E36 sekitar 5 hari dan Kijang atau Katana bisa 10 hari,” jelas Stefaan lagi.

Interior Honda Freed diretrim bahan kombinasi hitam

Buat yang tertarik, kami sarankan kontak Stefaan untuk diskusi dan ambil ‘nomor’ dulu, pasalnya yang ingin menggunakan jasanya sudah berderet antre.

 

JAVA SEAT

Instagram @javaseat

Ruko Grand Galaxy City RSA5 no.80, Bekasi, Jawa Barat

081380011664

- Advertisement -