Modifikasi Toyota Supra MK5, Berani Ceper Ekspos Tampilan Fitment Agresif

NMAA News – Toyota Supra MK5 sukses menjadi fenomena di jajaran sportcar dunia. Mobil ini dikenal sangat asyik menjajal performa mesin. Karena sekarang ia berbagi platform dengan mesin BMW yang sangat bertenaga.

Alih-alih dimodifikasi untuk mendukung performa dahsyatnya, Raindy Igas, builder Toyota Supra MKV satu ini mewujudkan keinginan pemiliknya mengubah kaki-kaki bagged di keempat sudut roda. “Biasanya kan street racing atau sport. Tapi saya punya ketertarikan lain supaya bisa menonjolkan tampilan fender to lips,” buka Raindy kepada NMAA Media.

Karena itu, Raindy mewujudkan ubahan kaki-kaki modifikasi lebih impresif. Di sisi lain sektor kaki-kaki terbilang krusial karena berpengaruh terhadap keselamatan dan kenyamanan saat berkendara.

Lantas, bagaimana Raindy mengerjakan Toyota Supra MKV tersebut?

Foto: Ist @raindyigas

“Tahap awal kita fitting velg yg cocok model nya dan spec-nya yang pas untuk supra mk5 ini , agar bisa fitment nya pas tanpa menggunakan spacer agar tetep rapih dan aman,” urai Raindy yang mengerjakan ubahan kaki-kaki di BMH Garage

Akhirnya, pilihan pelek aftermarket jatuh ke merek Rotiform LSR R19 lebar 10/12 tanpa ganjal dari spacer atau roll ulang bagian fendernya. Pemilihan ban besutan Accelera dengan ukuran 225/35 di depan dan 275/30 di belakang. Konfigurasi tersebut menghasilkan opsi fender to lips dengan tampilan atraktif.

Setelah fitting dilakukan, dia mulai menyusun rencana supaya kaki-kaki bagged yang ditopang air suspension bisa terpasang tanpa kendala. Kuncinya, fitment pelek maksimal dengan ruang fender dan bodinya kian merunduk.

“Prosesnya dilanjut dengan instalasi Airsuspension By Air BFT Indonesia yang memang sudah di order khusus untuk supra MK5. Jadi tidak ada custom-custom segala,” bisiknya.

Foto: Ist @raindyigas

Supaya dapat menghasilkan tampilan proper kaki-kaki bagged tersebut, Raindy juga mengalami beberapa kesulitan. Terlebih, Supra MKV tergolong mobil baru dengan sejumlah perintilan rumit di kaki-kaki.

” Nah, selagi proses menanggalkan part bawaannya cukup menguras tenaga. Misalkan copot sokbreker nya itu ga semudah mobil yang emang sudah pernah di lepas,” ungkap Raindy.

Menghasilkan kaki-kali ceper hingga tekanan airsus bisa menjangkau titik 0 psi tentu bukan hal mudah. Agar pelek dapat duduk dengan rapi di ruang fender, tingkat ketelitian jadi faktor penting.

Foto: Ist @raindyigas

Identitas sportcar dengan tampilan wide body berbalut kelir merah memuat fungsi aerodinamika supaya tetap stabil ketika berakselerasi di putaran atas. Nah, bisa diartikan salah satu fungsi ceper dapat menunjang sirkulasi angin semakin optimal.

Foto: Ist @raindyigas

“Total pengerjaan sebeneranya tiga hari, karena kita harus bener-bener make sure keselamatan dan kenyamanan di jalan. Khusus instalasi airsus itu bareng sama Garasi Drift. Alhamdullilah mobil nya sekarang sudah siap untuk di gunakan untuk Show atau Daily Ride,” ucap Raindy.

Sejauh ini, Raindy masih mengandalkan komponen standar di beberapa bagian mobil. Ketika melongok engine bay, kondisinya masih terjaga. Mesin B58 6 silinder segaris berkapasitas 2.988 cc dengan imbuhan 24-Valve DOHC, Chain Drive with Variable Valve Timing (IN/EX), serta Twin-scroll Turbocharger sudah cukup mengajak MK5 menghasilkan 340 Ps pada 5.000-6.500 rpm dan torsi 50.5 kgm pada 1.600-4.500 rpm.

Foto: Ist @raindyigas @jsonbw

Raindy membagikan tips jitu untuk modifikasi tongkrongan serupa Supra MK5, bahkan injak gas dalam-dalam pun tidak masalah.

” Jangan mengira-ngira, perhitungan fitment itu penting. Selain kita memikirkan tampilan tren saat ini yang didominasi tampilan kaki-kaki kandas juga harus memikirkan tingkat keselamatan yang utama,” tandas Raindy.

Foto: Ist @jsonbw

Related Articles

Stay Connected

21,794FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles