NMAA News – Honda berencana membawa Honda Civic Si jelang gelaran SEMA Show 2021 pada 2-5 November nanti. Menariknya, terdapat dua mobil yang sudah dimodifikasi sedangkan satu lagi adalah versi standar.
Mobil pertama dinamai Honda Civic Si Race Car Prototype garapan Honda Development Performance (HDP) untuk diturunkan dalam seri balap SRO TC Americas. Generasi ke 11 Honda Civic Si tersebut dimodifikasi untuk mendongkrak performa.
Pertama-tama mesin 4 silinder turbo mendapat racikan baru dengan menyetel sejumlah part penting. Mesin berkapasitas 1.5 liter tersebut memang sudah dibekali teknologi katup VTEC dan transmisi manual 6 percepatan. Sehingga melengkapi ubahan radiator aluminium berkapasitas tinggi, limited-slip differential khusus keperluan balap, pegas koil balap. Peranti rem kini menggunakan kaliper enam piston Wilwood lengkap dengan rotor baru untuk menangani kemampuan mengerem optimal.

Kemudian HDP memberikan sederet part body kit. Semisal wing berukuran besar mendominasi di area belakang. Sementara itu tubuhnya diberi warna merah dilengkapi perpaduan aksen warna putih dan kuning. Tampilan tersebut kian dipertegas oleh tulisan nomot 93 dan akronim HPD sebagai builder mobil tersebut.
Supaya memiliki handling yang cocok untuk di trek, HPD memasang ban berjenis slick merek Pirelli 245/620-17 DHH. Beralih ke bagian kokpit kemudi, seluruh ubahan modifikasi memang tidak begitu terlihat. Lantaran, dari jarak jauh hanya terlihat roll cage terintegrasi, setir kemudi balap, dan kursi jenis bucket seat.

Beralih ke mobil balap konsep selanjutnya, kali ini giliran Tim Honda Research West memberikan sejumlah peningkatan di unit Civic Si Race Car. Diketahui, versi satu ini khusus dihadirkan untuk mengikuti ajang balap 25 Hours of Thunderhill.
Tidak jauh berbeda dengan mobil balap konsep sebelumnya. Lantaran Civic Si satu ini memang dibangun untuk keperluan balap berkat peningkatan di sektor mesin dan aerodinamika.

Mesin mesin 4-silinder turbo bawaannya mengalami peningkatan usai diberi peranti oil cooler, radiator besar bertekanan tinggi, intake custom, satu set knalpot titanium, juga gear set merek Hondata.

Tentunya, mobil balap mesti memiliki kemampuan handling dan bermanuver lebih baik. Oleh karena itu, opsi bobot juga dihadirkan melalui pemasangan kap mesin karbon Saibon, wing belakang APR, splitter depan dan air dam Power Stream Industries. Sedangkan kemampuan aerodinamika mobil tersebut dihadirkan dengan penambahan dari add-on spoiler depan, gril model sarang lebih, ducktail di pintu bagasi, hingga pelek sporty dengan tampilan palang 5 dilabur finishing warna hitam.

