Tepis Minimnya ‘Beres’ dan Onderdil, Suzuki Indonesia Tingkatkan Layanan Purna Jual

0
- Advertisement -

NMAA News – Salah satu indikator penting dari kepercayaan konsumen terhadap suatu merek adalah kualitas layanan purna jualnya.

Sepanjang 2024, Suzuki Indonesia berhasil melayani perawatan kendaraan lebih dari 1 juta unit mobil, 200 ribu unit sepeda motor, dan 5.000 unit mesin tempel kapal.

Keberhasilan ini didukung oleh perluasan jaringan layanan yang terus berkembang serta ketersediaan suku cadang asli yang memadai.

Perluasan Jaringan Layanan

Sebagai bagian upaya semakin mendekatkan diri dengan pelanggan, Suzuki memperluas jaringan layanan purna jualnya dengan membuka 3 titik layanan baru untuk kendaraan roda empat di berbagai wilayah Indonesia.

Hingga akhir 2024, Suzuki memiliki total 173 bengkel resmi 3S, 18 bengkel resmi 2S, dan 52 Service Point. Untuk kendaraan roda dua, Suzuki menambah 2 bengkel baru, menjadikan total 77 bengkel resmi 3S dan 57 bengkel resmi 2S guna melayani pelanggan.

Suzuki Marine menambahkan 1 bengkel baru, sehingga totalnya menjadi 14 bengkel resmi beserta dukungan 62 bengkel mitra.

Perluasan ini memastikan pelanggan di seluruh wilayah, termasuk daerah terpencil, dapat menikmati layanan berkualitas dengan akses yang lebih mudah dan cepat.

“Penambahan layanan ini bukan hanya angka di atas kertas, tetapi wujud nyata komitmen kami berikan pengalaman terbaik pelanggan di setiap sudut Indonesia,” ujar Hariadi, Asst. to Aftersales Department Head of Service PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Pengembangan Kualitas SDM

Selain utamakan penyebaran jaringan, Suzuki juga perhatikan pengembangan kualitas sumber daya manusia melalui National Victorious Contest 2024.

Kompetisi bergengsi ini mengasah keahlian teknisi terbaik Suzuki yang memenuhi standar SSQS (Suzuki Standard Qualification System).

Sistem SSQS ini terus diperbarui setiap tahun untuk menjaga kualitas layanan di Bengkel Resmi agar mampu mengakomodir berbagai keluhan.

Kemudahan Akses Suku Cadang

Lebih lanjut, Suzuki terus tekankan pentingnya menggunakan suku cadang asli. Alasannya, pelanggan akan memperoleh kepastian kualitas, daya tahan, serta kinerja komponen kendaraan sesuai standar.

Mendapatkannya juga semakin mudah, seperti di Bengkel Resmi ataupun melalui mobile apps MySuzuki.

Aplikasi ini memungkinkan pelanggan memesan suku cadang asli kapan pun dan di mana saja. Pada 2024, MySuzuki mencatat lonjakan transaksi suku cadang hingga 150,02%, mencerminkan kepercayaan pelanggan semakin kuat terhadap layanan Suzuki.

“Pelanggan kami lebih percaya gunakan spare part asli. Mereka terinformasikan baik, harga suku cadang Suzuki kompetitif dengan kualitas sesuai standar. Pada era digital saat ini, pelanggan kami tidak sungkan lakukan pembelian melalui MySuzuki,” tambah Sugiyarto, Head of Domestic Spareparts Sales PT SIS.

Melalui berbagai inisiatif ini, Suzuki berusaha tidak hanya memenuhi harapan pelanggan, tetapi juga menetapkan standar baru dalam industri otomotif Indonesia.

Suzuki terus memperkuat posisinya sebagai penyedia layanan purna jual yang dapat diandalkan, sambil mempertahankan fokus pada kualitas, keselamatan, dan kenyamanan pelanggan.

“Layanan after-sales berkualitas adalah dasar hubungan jangka panjang yang kami bangun dengan pelanggan kami. Suzuki terus berinovasi memberikan pengalaman terbaik bagi setiap pelanggan kami,” tegas Hariadi menyampaikan komitmen terus menjadi merek terpercaya bagi masyarakat Indonesia.

- Advertisement -