NMAA News – Proses pengerjaan modifikasi mesin di unit Honda Brio Turbo Om Mobi sudah rampung. Di atas kertas mesin bensin empat silinder berkapasitas 1.200 cc tersebut dapat menghasilkan tenaga 86,7 Hp dan torsi 110 Nm. Usai digali ulang oleh bengkel spesialis performa mesin asal Bandung, Garage Autowerks dengan memasang serangkaian peranti add-on turbo.
Melalui unggahan video, Host NMAA TV Rudy Ghupta mencoba langsung performa Honda Brio untuk merasakan kenaikan performa mesinnya. Video tersebut mengulas secara lengkap ubahan yang sudah dilakukan.

Dari mulai keong turbo CT9 milik Toyota Hybrid, intercooler kit custom, dan stainless piping.
Setelah itu diberi suntikan fuel system piggyback lansiran ECU Shop: OctanRev yang memiliki fitur launch control, flatshift dan antilag. Sedangkan injektor diambil dari bawaan mesin K20A.
Filter udara juga dibuat open filter sehingga mampu menyedot semua akses udara yang akan dihisap ke ruang bakar. Sebab, lebar pori-porinya mempermudah udara masuk ke dalam pembakaran lebih besar. Tenaga yang disalurkan dari mesin ke dua roda depan kini mengalami peningkatan signifikan.

Konfigurasi tersebut mampu mendongkrak tenaga 30 Hp dari output bawaan.
Sehingga dapat menghasilkan 102,6 Hp on wheel dengan tekanan boost turbo 0,4 bar. Sedangkan torsi maksimalnya mencapai 144 Nm on wheel.
Kenaikan tenaga juga mempertimbangkan faktor keamanan dan kenyamanan. Karena itu, tidak ada internal mesin yang diubah. Karena hanya mengganti injektor Civic Type R bermesin K20A.

“Setelah dicoba langsung, karakter turbo menghasilkan spooling di atas 5.000 rpm. Menurut tuner dari Garage Autowerks ada sedikit jeda waktu saat spooling turbo. Lantaran, karakter mesin 1.200 cc mulai bekerja bersamaan dengan sistem i-VTEC,” ujar host NMAA TV, Rudy Ghupta dalam unggahan video di kanal YouTube NMAA TV, Minggu (11/7/2021).
Ia melanjutkan, pemilihan turbo berukuran kecil mampu mengisi kekurangan mesin standar Brio Satya. Tenaga bawaan 70 Hp di roda pada 5.000 rpm di mesin standar biasanya terasa drop.
“Sesudah dipasangi turbo, tenaga mesin mulai terasa dari putaran bawah hingga atas. Saat turbo spooling juga tidak terlalu menghentak, sehingga nyaman dipakai harian,” ujar dia.
Simak video ulasan lengkapnya melalui link dibawah ini!

 
						 
						