NMAA News – Kelangkaan pasokan komponen secara global berdampak terhadap produksi Honda di Indonesia sepanjang Agustus dan September lalu. Sehingga menyebabkan terganggunya pasokan mobil ke konsumen. Saat ini PT Honda Prospect Motor (HPM) mulai meningkatkan volume produksi secara bertahap dan berupaya mempercepat pemenuhan permintaan konsumen.
Gangguan pasokan komponen untuk produksi selama beberapa bulan terakhir terutama berdampak terhadap produk dengan volume produksi dan permintaan tinggi konsumen seperti Honda Brio, Honda HR-V, dan Honda CR-V. Gangguan terhadap pasokan model tersebut berdampak terhadap penjualan retail Honda pada September lalu.
Secara total, Honda mencatat penjualan sebanyak 3.362 unit mobil secara retail sepanjang bulan September 2021 lalu, dengan kontribusi penjualan terbesar berasal dari Honda City Hatchback RS yang terjual 1.053 unit. Sementara Honda Brio terjual 1.027unit, yang terdiri dari Honda Brio Satya 811 unit dan Honda Brio RS 216 unit.

Selanjutnya Honda HR-V 1.5 L yang terjual 690 unit, New Honda CR-V sebanyak 175 unit. Sementara itu, Honda Mobilio terjual 127 unit, Honda BR-V sebanyak 125 unit, HR-V 1.8 L sebanyak 63 unit, New Honda Civic Hatchback RS sebanyak 60 unit dan New Honda Odyssey sebanyak 22 unit.
Di segmen sedan, All New Honda Accord terjual 12 unit dan Honda Civic 6 unit. Honda City dan Honda Civic Type R masing-masing terjual 1 unit. Secara total, Honda membukukan penjualan 68.376 unit sejak Januari hingga September 2021, atau naik 23% jika dibanding periode sama tahun lalu.
“Kami sampaikan apresiasi sebesar-besarnya ke konsumen atas permintaan yang masih tinggi terhadap produk Honda, meskipun saat ini masih terjadi gangguan terhadap pengiriman mobil akibat kelangkaan komponen produksi,” ujar Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT HPM.
HPM juga menyampaikan maafnya ke konsumen yang terpaksa harus menunggu lebih lama untuk mendapatkan mobil mereka. “Saat ini kami tingkatkan produksi serta percepat pengiriman mobil ke dealer kami seluruh Indonesia. Kami berupaya sesegera mungkin penuhi permintaan konsumen yang melakukan pemesanan dalam 1 sampai 2 bulan ke depan,” sambung Billy.
Untuk mempertahankan permintaan konsumen, pada Oktober 2021 Honda kembali tawarkan program penjualan bertajuk “Yuk, Beli Honda Aja!”. Pada program ini, para konsumen akan mendapat beragam keuntungan mulai additional value hingga bebas biaya perawatan (sesuai syarat dan ketentuan berlaku).
Konsumen akan mendapat bonus berupa gratis biaya perawatan berkala (Jasa + parts s/d 50.000 km atau 4 tahun) khusus untuk pembelian Honda Mobilio, Honda BR-V, New Honda CR-V dan Honda City Hatchback RS.
Khusus bagi konsumen Loyalist / Education / Medical Worker yang melakukan pembelian New Honda Brio & Honda HR-V juga akan mendapatkan bonus berupa gratis biaya perawatan berkala (Jasa + parts s/d 50.000 km atau 4 tahun)*.
Honda juga memberi Promo Ceria khusus pembelian Honda Mobilio, dan Honda BR-V hingga Rp 4 juta (sesuai ketentuan berlaku). Kemudahan juga diberikan ke perusahaan atau karyawan pengguna fasilitas Car Ownership Program (COP) yang ingin melakukan pembelian, akan mendapat Fleet Sales Package hingga Rp 15 juta untuk pembelian mobil Honda Civic Turbo dan Honda Accord (Syarat & ketentuan berlaku).