NMAA News – Hyundai Motor Company (HMC), sebagai sponsor resmi Piala Dunia FIFA 2022TM umumkan dukungannya mencapai target carbon neutrality dengan fasilitas kendaraan ramah lingkungan bagi 50% peserta. Dukungan ini menjadi pertama dalam sejarah Piala Dunia, dengan adanya kendaraan ramah lingkungan sebagai armada di acara berskala global.
Hyundai Motor menyediakan 616 unit armada kendaraan di Piala Dunia FIFA 2022TM. Sekitar 446 adalah kendaraan penumpang, dan lebih dari setengahnya (226 unit) merupakan model hybrid electric (HEV) dan battery electric (BEV). Hyundai juga sediakan 10 bis Elec City, bis elektrik yang digunakan saat acara berlangsung pada 20 November hingga 18 Desember 2022 di Qatar.
“Hyundai Motor dan FIFA memiliki komitmen kuat membuat piala dunia tahun ini sukses secara berkelanjutan dengan mobilitas bersih,” ucap Jaehoon Chang, Presiden dan CEO, Hyundai Motor Company. “Dengan fasilitas kendaraan eco-friendly dan kendaraan listrik sebagai transportasi darat, kami berharap bisa mencapai tujuan bersama menjadikan ajang Piala Dunia di Qatar bermanfaat bagi lingkungan dan kesejahteraan manusia.”
Hyundai Motor mempersiapkan organisasi yang berdedikasi dan sistem pendukung untuk operasi EV yang stabil. Hyundai memfasilitasi Hyundai IONIQ 5, Sonata HEV, Tucson HEV dan KONA HEV serta Genesis G80 EV dan GV70 EV sebagai kendaraan tamu VIP FIFA dan staf. Sedangkan bis Elec City juga akan dijadikan kendaraan bagi para media.
Selain itu, Hyundai Motor juga mengoperasikan fasilitas road-side charging untuk BEV yang belum terisi daya dengan inovasi Vehicle-to-Load (V2L) untuk dua IONIQ 5 BEV. FIFA menyiapkan 100 kW-150 kW charger EV di area parkir yang berlokasi di Doha dan Qatar untuk memastikan pengoperasian BEV agar tetap berjalan.
Hyundai Motor melakukan pemantauan secara real-time pada setiap armada kendaraan apabila terjadi kerusakan atau kecelakaan, serta memberikan respon layanan cepat, seperti pengiriman darurat, pemecahan masalah dan inspeksi kendaraan sesuai kebutuhan.
Selain itu, Hyundai Motor juga memanfaatkan layanan kontrol kendaraan secara real-time untuk meningkatkan manajemen kualitas layanan armada yang ada. Dengan mendeteksi adanya kecelakaan atau kerusakan kendaraan secara real-time, sistem dapat menyatukan semua proses mulai kendaraan saat masih di warehouse, pengiriman darurat, hingga perbaikan kendaraan serta respons kecelakaan.
Untuk layanan lancar dan cepat selama periode kompetisi, tim khusus HMC Headquarters Service, Sub-Middle East Regional Service dan Sub-Middle East Regional Quality Center bersiaga di Quality Situation Room berlokasi di fasilitas parkir FIFA untuk membantu pengoperasian lokal.
Tim juga menggunakan infrastruktur dari layanan dealer Hyundai Qatar untuk perbaikan kendaraan sesuai kebutuhan. Hyundai Motor telah menjalankan program pelatihan sejak bulan Oktober untuk HEV dan BEV-nya bagi semua pengemudi yang terlibat di pengoperasian armada.