NMAA News – PT Toyota Astra Motor (PT TAM) mengenalkan All New Kijang Innova Zenix Hybrid November 2022 lalu, dengan opsi mesin 2.000 cc (M20A7-FXS) empat silinder Dual-VVTi.
Mesin tersebut bersanding dengan motor penggerak listrik berdaya 113 PS dan torsi 21 kgm. Hasilkan output tenaga gabungan 186 PS dan torsi di kisaran 300 Nm.
Dalam gelaran Journalist Test Drive (JTD) pada 19-20 Desember lalu, Tim NMAA mendapat giliran mengendarai varian tertinggi Innova Zenix Hybrid tipe Q.

Menempuh jarak sekitar 217 km lebih menuju Jakarta, tim memulai pengujian dari titik berangkat rest area 260 Banjaratma, melewati ruas Tol Pemalang-Pejagan arah Jakarta.
Pengujian ini dilakukan dari pengamatan pantauan multi-information display (MID). Jadi, tidak menggunakan metode full-to-full yang dilakukan dengan menghitung konsumsi bensin saat posisi tangki penuh, kemudian diisi kembali. Saat akan berkendara, jarum indikator bensin masih di posisi penuh.
Perjalanan tim NMAA mengikuti rombongan ke sejumlah titik pemberhentian di Tol Trans Jawa menuju Jakarta. Melewati medan jalan bervariasi. Tanjakan, medan berkelok, hingga stop and go saat melewati kondisi lalu lintas padat.
Tercatat konsumsi bensin di angka 11,4 km/liter. Hasil tersebut didapat dengan cara berkendara di rata – rata kecepatan 100 km/jam, menghidupkan AC dan membawa penumpang dan barang bawaan dengan kondisi jalan tol lengang.
Meski begitu, dalam kondisi jalan normal atau perkotaan jumlah BBM yang dikonsumsi sempat menuai hasil 1:19 atau 19 km/liter.
Hasil konsumsi bahan bakar tentunya akan berbeda. Tergantung cara mengemudi setiap orang atau pun pemilihan rute, dan kondisi lalu lintas.

Sesuai dengan pernyataan Toyota Indonesia, Innova Zenix Hybrid mampu menjangkau konsumsi bahan bakar 21 km/liter dengan mengandalkan mesin bensin dan penggerak hybrid.
Pencapaian angka tersebut terbilang besar, apalagi jika dibanding varian diesel dengan perbandingan rata-rata konsumsi bahan bakar Innova diesel 1:15 di jalanan perkotaan atau 1:17 di jalan tol.
Faktor lain yang turut menunjang efisiensi bahan bakar Innova Zenix Hybrid dan bensin ditunjang dari penggunaan platform TNGA: GA-C, sasis monokok dan penggerak roda depan. Menyuguhkan perpaduan performa dan akselerasi terbaik di era generasi Kijang versi teranyar.

