Transformasi Subaru Impreza Convert jadi Versi WRX STI, Sangar di Trek Balap

0
Foto: Carscoops/IAG
- Advertisement -

NMAA Proper Modz – Subaru Impreza 22B STi keluaran 1998 menjadi salah satu kendaraan favorit terutama para penyuka rally dan mobil JDM khusus pasar Jepang. Bahkan, mampu melejitkan sosoknya mobil ikonik sepanjang masa.

Biarpun bukan berasal dari mobil spesial yang diproduksi hanya 400 unit di dunia, versi standar Subaru Impreza dalam trim L bisa dibuat kian beringas untuk keperluan balapan di trek.

Randy, pemilik Subaru Impreza coupe tipe L mendapat sebuah ‘pencerahan’ setelah puas mengendarai mobil tersebut selama kurang 3 tahun.

Mengubahnya dari Impreza standar menjadi sebuah ‘WRX STI Hunter’.

Foto: Carscoops/IAG

Di balik kap mesin, Impreza coupe sudah menerima donor jantung mekanis berkode EJ205 dari WRX dengan model intercooler top-mount STI. Lonjakan tenaga dari mesin didukung pemasangan turbocharger Blouch 16G.

Sayangnya, belum diketahui berapa tenaga mesin berkapasitas 2.2 liter itu sekarang. Bisa dipastikan tenaganya sudah meningkat dua kali lipat.

Untuk mengimbangi kebutuhan bahan bakar E85 sesuai spek mesin, suplai bahan bakar dipompa oleh fuel pump AEM dari penampungan surge tank Radium. Dilanjut mengalirkan bahan bakar ke injektor dan ruang bakar.

Foto: Carbuzz/IAG

Tak puas dengan spek mesin saat ini, Randy ingin memasang long-block D-stroker IAG 2.3 liter dipadu turbocharger 3077 Garrett agar bisa meletupkan tenaga lebih besar. Sementara itu, ECU sudah berganti menggunakan jenis Stand-Alone ECU dari Motech.

Peningkatan tenaga dari unit EJ205 disalurkan melalui transmisi manual 6 percepatan dari STi menuju differensial roda belakang R180.

Foto: Carbuzz/IAG

Sisanya, tampilan ‘Impreza Hunter’ dikonsep untuk tetap kinclong. Bagian eksterior dibalut warna putih dengan imbuhan part JDM seperti lampu sudut, lampu belakang, dan knalpot Titanim Tomei.

Subaru Impreza Coupe duduk sempurna di atas velg TE37 ukuran 17×9 inci dengan offset 45 berbalut ban meaty. Sedikit melirik ke dalam, sektor pengereman sudah ditenagai big brake kit (BBK) AP Racing.

Foto: Carbuzz/IAG

Masuk ke ruang kabin, part khusus balap makin membuatnya percaya diri untuk beradu kencang.

Pengemudi dimanjakan dengan jok bucket Sparco, setir kemudi OMP, controler DCCD, dan dasbor baru. Semua bagian interior juga sudah dikrangkeng oleh custom rollcage agar lebih rigid dan safety.

- Advertisement -