NMAA News – Chery Group kembali mencatat sejarah dengan meraih posisi puncak dalam 2025 Automotive Performance, Execution and Layout (APEAL), studi yang dirilis J.D. Power di China.
Studi prestisius ini tempatkan Chery di peringkat pertama merek independen China sekaligus posisi kedua bagi pasar kendaraan mainstream, berkat performa luar biasa dengan skor 760 poin.
Tidak hanya itu, dua model andalan Chery, Chery Tiggo 7 Plus dan Chery Tiggo 8 Plus, berhasil menyabet gelar juara di segmen Mid-size Economy SUV dan Mid-size SUV.
Studi APEAL edisi ke-23 ini melibatkan lebih dari 20.000 pemilik mobil baru yang telah menggunakan kendaraannya selama 2 hingga 6 bulan.
Rata-rata skor industri pada 2025 tercatat 751 poin, naik 14 poin dari tahun sebelumnya. Pasar kendaraan mewah mencatat skor 766 poin, sedangkan pasar mainstream 746 poin, dengan kesenjangan menyempit pertama kalinya dalam lima tahun terakhir.
Chery sendiri melesat dari posisi kelima tahun lalu menjadi peringkat kedua di pasar mainstream, sekaligus mempertahankan posisi No.1 di antara merek independen selama dua tahun berturut-turut.
“Pencapaian ini bukti konsistensi Chery hadirkan produk berteknologi unggul, sekaligus meningkatnya kepercayaan publik memberi pengalaman berkendara memuaskan konsumen,” ujar Rifkie Setiawan, Head of Brand & Marketing Department PT Chery Sales Indonesia.
Menurutnya, prestasi raihan di J.D. Power memberi legitimasi global terhadap kualitas kendaraan Chery. Chery bangga membawa semangat serta standar tersebut ke Indonesia agar konsumen tanah air turut merasakan kebanggaan yang sama, lanjut Rifkie.
Prestasi ini juga menegaskan kuatnya basis pengguna Chery, tingginya daya tarik produk, hingga pengakuan konsumen yang signifikan, yang semuanya didukung oleh pondasi kokoh Chery Group.
Dari sisi kinerja pasar, Chery menunjukkan hasil gemilang dengan mencatat penjualan 1,26 juta unit kendaraan, di mana pada paruh pertama 2025, tumbuh 14,5% year-on-year.
Sebanyak 550.000 unit diekspor Chery ke berbagai negara atau setara satu mobil dikirim setiap 29 detik ke pasar global. Angka ini sekaligus memperpanjang rekor Chery sebagai eksportir kendaraan nomor satu China selama 22 tahun berturut-turut.
Penjualan kendaraan energi baru (New Energy Vehicle/NEV) melonjak drastis hingga 360.000 unit. Naik 98,6% dibanding tahun sebelumnya, menegaskan kepemimpinan Chery dalam transisi menuju mobilitas berkelanjutan.
Keberhasilan ini tegaskan konsistensi Chery menjaga mutu produk dan pengalaman konsumen. Pada 2024 lalu, Chery meraih Triple Crown dengan menempati posisi teratas di tiga studi J.D. Power sekaligus: APEAL, Initial Quality Study (IQS), dan Sales Satisfaction Index (SSI).
Pada 2025, Chery kembali pertahankan momentum dengan terus menjadi nomor satu di antara merek independen Tiongkok untuk APEAL dan SSI, membuktikan keberlanjutan komitmen terhadap kualitas.
Pencapaian luar biasa ini juga tercermin dalam pengakuan internasional. Dalam daftar Fortune China 500 tahun 2025, Chery Group menempati peringkat ke-59, naik 41 posisi dari tahun sebelumnya.
Sementara itu, di daftar Fortune Global 500 yang dirilis pada 29 Juli 2025, Chery tnempati posisi ke-233, melesat 152 peringkat sekaligus menjadi kenaikan tercepat di antara seluruh produsen otomotif dunia.
Selain pengakuan J.D. Power, Chery juga gencar perkuat posisinya melalui inovasi teknologi. Melalui inisiatif seperti Night of Intelligence, Night of Hybrid, dan Night of Safety, Chery perkenalkan teknologi disruptif mencakup kecerdasan buatan, elektrifikasi, dan keselamatan.
Hingga kini, lebih dari 40.000 paten telah diajukan, dengan 25.000 di antaranya telah mendapatkan persetujuan. Upaya ini percepat inovasi sekaligus pastikan produk Chery hadirkan pengalaman berkendara lebih cerdas, ramah lingkungan, dan aman.
Fokus ini sekaligus perlihatkan strategi jangka panjang Chery untuk menjadi pemimpin dalam teknologi otomotif global, bukan hanya di pasar domestik Tiongkok.
Dengan rekam jejak global yang kini mencakup lebih dari 120 negara, 10.000 jaringan penjualan dan layanan, serta basis pengguna lebih dari 17 juta orang, Chery terus perkuat posisinya sebagai pemain utama di industri otomotif dunia.
Di Eropa, salah satu pasar dengan regulasi paling ketat, Chery berhasil mencatat penjualan bulanan lebih dari 10.000 unit.. Menjadikannya merek otomotif baru dengan pertumbuhan tercepat di kawasan tersebut.
Ke depan, Chery berkomitmen melanjutkan perjalanan inovasi dan ekspansi globalnya. Termasuk hadirkan standar produk kelas dunia untuk konsumen Indonesia. Prestasi di ajang J.D. Power salah satu bukti nyata kekuatan Chery Group yang terus menulis babak baru sejarah otomotif global.