NMAA News – Porsche 911 generasi kedua atau bernama 964 Turbo pertama kali hadir pada 1990an. Meskipun secara bentuk hampir sama dengan pendahulunya, akan tetapi diklaim mengalami perubahan masif sebanyak 85 persen. Salah satunya bumper berbahan plastik.
Generasi Porsche 911 satu ini dilirik oleh tuner asal Jerman Evomax sebagai proyek Restorasi Modifikasi (Restomod). Menghadirkan tiga gaya sekaligus bernama Max11, Max11 Turbo, dan juga Max Classic.
Sedari awal, pabrikan sudah membekali sejumlah penyegaran di 964 Turbo. Mencakup sistem pengereman ABS dan power steering elektronik menyuguhkan sensasi berkendara terbaik di kelasnya.
Begitu pula suguhan spoiler otomatis yang mengoptimalkan gaya tekan (downforce) untuk memperkuat traksi kendaraan saat melaju di atas 80 Kpj. Sektor performa dihadirkan dengan opsi mesin 3.600 cc plus turbo maupun 3.750 cc dalam varian RS dan RSR.
Foto: Evomaxx/Carscoops
Mengusung nama Max11, unit 964 Turbo di model pertama dibekali mesin generasi dari Porsche 911 997 atau generasi kelima dan transmisi 6 percepatan. Alhasil, kini tenaga mesin 6-silinder berkapasitas 3.800 cc tanpa turbo yang sudah diberi penyempurnaan, sanggup menembus 460 HP pada 7.500 rpm dan torsi 420 Nm.
Peningkatan sektor performa ini diikuti dengan sejumlah peningkatan semisal coilover dan optimalisasi pengereman. Reduksi bobot juga turut melengkapi berkat memasang komponen bodi berbahan serat karbon dan panel kevlar.
Foto: Evomaxx/Carscoops
Berlanjut ke model kedua, Evomax kembali mengekspos tenaga optimal 964 Turbo dengan jantung mekanis Porsche 996. Secara spesifikasi, mesin flat-six 3.600 cc turbo sanggup merilis tenaga potensial mencapai 620 HP pada 6.500 rpm yang diolah melalui sistem transmisi manual 6 percepatan.
Sentuhan modifikasi lain dihadirkan Evomax termasuk bodi berbahan serat karbon dan karbon kevlar, knalpot titanium, sektor pengereman di tiap roda, serta pasokan coilover supaya lebih stabil saat menikung.
Foto: Evomax/Carscoops
Jika dua model tersebut dianggap terlalu buas bagi konsumen yang hendak memilih. Evomax menawarkan model ketiga bernama Max Classic. Dari spesifikasi yang disebar, model ketiga ini tidak jauh berbeda dengan Max 11 Turbo. Berkat hadirnya bodi karbon, knalpot titanium, peningkatan sektor pengereman dan beberapa ubahan lain.
Akan tetapi, sektor mesin tidak terlalu banyak dirubah. Mesin bawaan 3.800 cc plus turbo dengan output tenaga 330 HP yang diolah melalui transmisi manual 5 percepatan hanya menempuh ubahan minor.
Sayangnya, dari tiga model ini, tuner Evomax belum merilis harga resminya. Salah seorang pihak Evomax seperti yang disebutkan di sejumlah media mengatakan bakal segera merilis lebih lanjut mengenai harga tiap unit dan spesifikasi lengkapnya.