NMAA News – Hadir di perhelatan Ifthar Ramadhan dan Media Gathering Mitsubishi Motors di Jakarta, Rabu (5/4/2023), Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) yang baru, Atsushi Kurita, berjanji akan terus melanjutkan berbagai program penjualan dan layanan purna jual yang sudah berjalan baik sebelumnya.
Sebagai penerus Naoya Nakamura, Atsushi Kurita akan melanjutkan kepemimpinan dan mengisi posisi Presiden Direktur PT MMKSI yang efektif mulai 1 April 2023. ia pun langsung memulai strateginya untuk pengembangan bisnis MMKSI dan brand Mitsubishi Motors di Indonesia berikutnya.
“Upaya MMKSI dalam meningkatkan brand, kualitas produk, dan layanan Mitsubishi Motors di Indonesia telah dirasakan dan direspon dengan capaian penjualan positif. Saya sangat antusias dan bersemangat melaksanakan tugas di MMKSI dan menyambut tahun fiskal 2023,” tegas Atsushi Kurita.
Menurut Kurita-san, pengalaman MMKSI pada tahun lalu menjadi motivasi dan referensi yang sangat berharga baginya untuk meraih capaian lebih baik lagi, dan terus memberikan yang terbaik, guna menjaga kepuasan konsumen pada level maksimal.
“Untuk merealisasikannya, saya tetap memohon dukungan Anda lebih lanjut, dan saya sangat terbuka untuk berdiskusi dan mendengar pendapat Anda untuk kemajuan MMKSI di masa selanjutnya,” lanjut Kurita yang pernah menjabat Presiden Direktur KTB periode 2017-2020.
Menurut Kurita, Indonesia telah memasuki era pascapandemi dan menantikan masa depannya yang cerah. Di sisi lain, melihat lingkungan bisnis saat ini, pertumbuhan industri otomotif Indonesia bisa saja terpengaruh inflasi, kenaikan suku bunga, pengurangan subsidi BBM, diskon besar-besaran kompetitor dan sebagainya.
“Tahun 2022 memiliki banyak tantangan, namun untungnya, MMKSI menjadikan itu sebagai petualangan hidup kita sendiri, momen untuk belajar dan mendapatkan lebih banyak keahlian, untuk berjuang dan mendapatkan lebih banyak peluang serta melewatinya,” imbuhnya.
Dilanjutkannya, pasar otomotif Indonesia semakin kuat dalam situasi pasca pandemi. Namun, setiap perjalanan akan selalu menghadapi situasi tidak pasti. Menurut Kurita-san, rencana dan strategi yang terintegrasi diperlukan guna menghadapi tantangan dan memenangkan persaingan. “Tujuan utama kami adalah kepuasan pelanggan dan pada akhirnya, hubungan yang loyal dengan pelanggan kami.”
Menilik kesuksesan tahun 2022, MMKSI mendapat kesempatan besar memperkenalkan New Xpander Cross dan New L300, termasuk mengadakan studi pasar mobil listriknya dengan mitra nasional dan multinasional.
Sepanjang tahun fiskal 2022, MMKSI juga memperkenalkan konsep branding baru “Life’s Adventure” dan menyempurnakan proses bisnis dengan berbagai platform digital untuk pengalaman terbaik bagi konsumen.
Dan paling penting, penerapan ‘tailored service experience’ dalam layanan purna jual Mitsubishi Motors, yang terus ditingkatkan guna melengkapi siklus komitmennya dalam menyediakan produk, layanan, dan pengalaman terbaik.
Hasil dari semua upaya tersebut, pencapaian penjualan positif Mitsubishi di Indonesia yang berhasil mempertahankan posisi dengan total pangsa pasar sebesar 10,6%. Sedangkan pencapaian di purna jual meningkat dengan pertumbuhan 7% untuk SIU dan juga 7% untuk suku cadang, aksesori, dan genuine part.
Dari sisi produk, Kurita menegaskan berencana memperkenalkan SUV kompak baru dalam waktu dekat di tahun fiskal 2023, dengan Mitsubishi XFC Concept sebagai inspirasi utama produk ini. Calon SUV kompak terbaru ini yang akan digadang Mitsubishi menjadi salah satu andalan penjualannya di 2023.
“Saat ini kami belum dapat memberikan informasi detail, tetapi sedang dalam tahap persiapan intensif untuk produksi dan penjualan mendatang. Ini menjadi hal sangat menarik memperkenalkan varian baru ini ke pasar Indonesia. Saya pastikan model ini akan memiliki tampilan mirip mobil konsepnya,” pungkas Kurita-san.