NMAA News – Rasa penasaran kami akan bagaimana performa sesungguhnya kendaraan listrik kedua dari Wuling Motors yakni BinguoEV terjawab tuntas pada Kamis-Jumat (23-24/11/2003) kemarin.
Setelah penampilan perdana eksterior dan interior BinguoEV (dibaca: Bing-go EV) pekan lalu, media secara eksklusif bisa merasakan sensasi berkendara bersama kendaraan listrik terbaru Wuling ini di seputaran kawasan BSD City.

Tersedia tiga unit BinguoEV dengan warna fancy yakni Milk Tea, Galaxy Blue, dan Mousse Green yang dicoba dalam Wuling BinguoEV First Dynamic Impression ini untuk dikendarai di area yang disiapkan. Ada juga satu unit statis lainnya untuk kebutuhan foto dan video.
Menurut Dian Asmahani, Brand & Marketing Director Wuling Motors, kesempatan media test drive ini dalam rangka menyajikan informasi lebih mendalam mengenai sensasi berkendara, kenyamanan, dan fitur yang ada di kendaraan ramah lingkungan ini.
“Kami berikan kesempatan ke rekan media sekalian mencoba performa Wuling BinguoEV. Kami ingin bangun pemahaman lebih mendalam soal keunggulan kendaraan listrik kedua Wuling untuk pasar Indonesia. Semoga kesempatan singkat ini menjawab penasaran rekan media akan sensasi yang dihadirkan BinguoEV,” kata Dian melalui rekaman video saat briefing sebelum test drive.

Acara dimulai dengan penyajian video sambutan yang dilanjut penjelasan singkat cara mengendarai Wuling BinguoEV serta diteruskan dengan penjelasan rute yang digunakan. Tak lupa, pembagian grup untuk mencoba BinguoEV secara bergantian.
Lintasan yang tersedia memungkinkan kami melakukan pengetesan yang menggambarkan mobilitas secara umum, meski dalam kondisi terbatas. Impresi perdana ini mencakup akselerasi jalan lurus, berkendara dengan fitur Cruise Control, parkir mundur dengan Rear Parking Camera, berhenti di tanjakan dengan aman dengan fitur AVH dan Creeping Function, serta berjalan zig-zag mencoba kelincahan BinguoEV dalam bermanuver.

Saat masuk kabin BinguoEV dan mulai berkendara, kami mencoba fitur canggih BinguoEV, yaitu Smart Start System yang juga sudah diaplikasikan di Air ev. Fitur ini memungkinkan pengguna menyalakan mobil listrik ini tanpa menekan tombol atau memutar anak kunci.
Kami hanya tinggal membawa kunci, memasang sabuk pengaman, menginjak rem, dan menunggu notifikasi ‘ready’ pada layar meter cluster. Selanjutnya, putar knop transmisi ke D atau R, dan nonaktifkan Electric Parking Brake. Wuling BinguoEV siap dioperasikan.

Tak hanya fitur, kami juga menjajal performa BinguoEV. Terdapat empat opsi mode berkendara; ECO, ECO+, Sport, dan Normal. Kami pun berkesempatan mencicipi akselerasinya dalam mode Sport di lintasan sejauh 200 meter.
Fitur menarik lainnya, mencoba Cruise Control yang terintegrasi di sisi kiri lingkar kemudi. Fitur ini dapat diaktifkan di atas kecepatan 40 km/jam untuk menjaga kecepatan secara konsisten yang memungkinkan perjalanan menjadi lebih santai dan efisien.
Memastikan keandalan suspensi dan kenyamanan di kabin, kami diberikan tantangan zig-zag challenge yang menguras kelincahan mobil listrik ini. Usai berkelit di antara kun, kami pun menuju jalan kontur tanjakan yang berada di lahan parkiran basement untuk mencoba fitur Auto Vehicle Holding serta Creeping Function.

Sesi akhir impresi berkendara dengan BinguoEV, kami sekaligus mencoba memarkirkan kendaraan yang dibantu Rear Parking Camera dengan dynamic trajectory. Untuk mematikan BinguoEV bisa dilakukan dengan menginjak pedal rem, putar knop transmisi ke P dan aktifkan Electric Parking Brake. Kunci pintu dari luar mobil dan mobil siap ditinggal.
Kelapangan bagasi BinguoEV terbukti dengan kemampuannya berkapasitas 310 liter yang dapat diperluas hingga 790 liter dengan melipat kedua bangku barisan belakang. Kami juga diperlihatkan bagaimana kepraktisan penyimpanan barang bawaan di kabin BinguoEV yang memiliki total 15 kompartemen.

Sebagai catatan terakhir impresi perdana kami, kombinasi fitur lengkap pada Wuling BinguoEV memadukan konsep mobilitas modern yang tidak hanya mengutamakan energi ramah lingkungan, tetapi juga mengedepankan kenyamanan, keamanan, dan kualitas berkendara. Hal ini menjadi amunisi kuat merajai segmen citycar EV di Tanah Air.