NMAA News – MPV Honda Odyssey saat ini sudah menginjak usia 29 tahun. Artinya, perjalanan panjang sudah dilalui Odyssey menjawab setiap permintaan pasar terutama kalangan muda yang menginginkan mobil MPV bergaya modis, bahkan nyaris punya bodi mirip sedan.
Saat pertama kali mengapal di Jepang pada 1994, Odyssey mulai diekspor ke sejumlah negara. Sampai akhirnya berhenti diproduksi pada 2021 lalu, Odyssey kembali bangkit di China dengan nama serupa dan dikabarkan bakal dikirim ke pasar Jepang.
Diketahui, penamaan Odyssey sendiri memiliki arti perjalanan atau petualangan. Pemilihan nama tersebut menandai tujuan dari pabrikan berlogo H demi memberikan pengelaman menempuh perjalanan lebih menyanangkan yang bisa dirasakan dari mobil produksinya.
Honda Odyssey 1st Gen – 1994

Minivan Honda Odyssey pertama kali menyapa pasar otomotif di Jepang pada 1994. Saat itu Odyssey pertama memiliki tata letak kursi tiga baris dan penggerak Four Wheel Drive (4WD).
Memasuki 1997 barulah Odyssey mendapat pilihan mesin 3.0L V6 J30A dan diberi fitur sunroof pada tipe L dan Aero. Spesifikasi Odyssey di Jepang tidak jauh berbeda seperti yang beredar di Eropa dengan naman Honda Shuttle.
Dua tahun kemudian, Honda memasarkan Odyssey sesuai kebutuhan pasar Amerika Utara. Bedanya, dimensi tubuh dibuat besar yang mendapat nama Honda LaGreat dalam rentang tahun 1999 hingga 2004.
Honda Odyssey 2nd Gen – (1999)

Dibanding generasi sebelumnya, bodi Honda Odyssey pada 1999 semakin lebar. Di atas kertas dimensi bodi memiliki panjang 3,3 inci dan lebih lebar 0,4 inci. Generasi kedua ini juga punya tampilan sporty di bagian depan seperti bumper lebih besar, aksen krom, dan grill baru.
Sektor tenaganya ditunjang oleh mesin berkapasitas 2.300cc pada model RA6 (2WD) dan RA7 (4WD). Sementara itu, mesin berkapasitas 3000 cc digunakan pada model RA8 (2WD) dan RA9 (4WD) di tipe Prestige dan Absolute.
Kehadiran generasi kedua semakin memperkokoh eksistensi Honda bermain di segmen Minivan atau Compact MPV. Terbukti dari tahun 2000, Honda Odyssey menjadi mobil Honda pertama yang menggunakan transmisi otomatis lima percepatan dengan 3L.
Honda Odyssey 3rd Gen – (2003)

Setelah penjualan Odyssey generasi kedua menuai kesuksesan di pasar Australia dan China. Lanjut ke generasi ketiga, Honda Odyssey meluncur pada 2003 dan negara lainnya setahun kemudian.
Tidak ada perubahan signifikan pada Honda Odyssey. Artinya tetap mempertahankan model Minivan lima pintu tetapi punya proporsi desain lebih ramping, dan ground clearance rendah. Untuk pasar Jepang, Honda Odyssey sudah mendapat fitur cruise control.
Jantung mekanis Honda Odyssey generasi ketiga didukung mesin i-VTEC berkapasitas 2.400cc yang bisa merilis tenaga 160 PS. Di Jepang, pabrikan Honda menawarkan opsi penggerak 4WD transmisi otomatis, dan versi 2WD transmisi CVT.
Tetapi spesifikasi ini berbeda dengan model ekspor ke sejumlah negara lain khusus Honda Odyssey tipe Absolute dan model ekspor lain.
Honda Odyssey 4th Gen – (2008)
Kemunculan generasi keempat Honda Odyssey di Jepang pertama kali pada Oktober 2008. Walaupun masih mengandalkan mesin 2.400cc dengan output tenaga lebih besar, tetapi mesin ini diklaim lebih irit BBM.
Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi CVT dilengkapi torque converter pada penggerak FWD, dan transmisi otomatis lima percepatan untuk versi 2WD yang sanggup merilis tenaga 206 HP.
Honda Odyssey 5th Gen – (2013)
Menginjak tahun kelima dari hadirnya generasi keempat pada 2008, Honda Odyssey generasi kelima resmi diluncurkan pada 2013. Saat itu, tampilan Odyssey menawarkan desain lebih dinamis dan futuristik.
Perubahan paling mendasar di generasi ini terdapat pada desain pintu geser. Lalu, desainnya lebih lapang dengan penambahan kursi ottoman di baris kedua.
Sementara itu, mesin 2.4L i-VTEC mampu berkekuatan 175 PS dan torsi 225 Nm. Untuk tipe Absolute, adanya fitur direct-injection membuat tenaga Odyssey dapat memproduksi sampai 190 PS dan torsi maksimal 237 Nm.
Baca Juga: Honda Odyssey Bangkit, Pasar Jepang Dapat Mobil Produksi dari China
Belakangan ini, Honda Odyssey kembali menampakkan wujud baru di China. Odyssey dibangun dari model facelift kedua generasi Odyssey kelima pada 2013 lalu yang diproduksi massal oleh Guangqi Honda dan dijual ke sejumlah negara, termasuk Jepang.